Rupiah Kamis Pagi Bergerak Melemah ke Rp13.291

id rupiah

Rupiah Kamis Pagi Bergerak Melemah ke Rp13.291

Ilustrasi, nilai tukar Rupiah. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis pagi bergerak melemah sebesar 13 poin menjadi Rp13.291, dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.278 per dolar AS.

"Dolar AS mulai berbalik menguat seiring dengan pelemahan harga minyak mentah dunia, situasi itu turut menjadi sentimen negatif bagi rupiah," kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Kamis.

Harga minyak jenis WTI Crude pada Kamis (27/4) pagi melemah 0,40 persen menjadi 49,42 dolar AS per barel, dan Brent Crude turun 0,25 persen menjadi 51,69 dolar AS per barel.

Ia menambahkan dolar AS juga mendapat sentimen positif setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan akan mengumumkan rencana pemangkasan pajak dalam waktu dekat.

"Pelaku pasar memanfaatkan kondisi itu dengan masuk pada aset berdenomnasi dolar AS sehingga menahan laju mata uang rupiah," katanya.

Sementara itu, Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan bahwa terlepas dari faktor global, saat ini fokus pasar juga tertuju pada data ekonomi domestik yang akan dirilis pada pekan depan.

"Rupiah mungkin akan tertekan sementara, adanya perbaikan fundamental ekonomi domestik akan meminta kurs rupiah yang lebih kuat," katanya. (*)