Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

Warga Harapkan Padang Sediakan Angkutan Wisata Representatif

Ketua Asita Sumbar, Ian Hanafiah. (Antara Sumbar/Pratiwi Tamela)
Padang, (Antara Sumbar) - Sejumlah warga yang berdomisili di Kota Padang, Sumatera Barat mengharapkan pemerintah setempat menyediakan angkutan untuk berwisata yang representatif guna memudahkan pengunjung.

"Seperti bus tingkat atau mobil safari, angkutan tersebut nyaman, aman dan mudah masuk ke tempat objek wisata," kata salah seorang warga di Pasar Raya Padang, Nur Aliah di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan saat ini memang telah ada delman dan mobil safari yang disediakan swasta tapi belum representatif dan tidak bisa mencapai semua objek wisata.

Padahal, ujar dia beberapa objek wisata di Padang perlu dikenal seperti di Taman Hutan Raya, Masjid Raya Sumbar, GOR Agus Salim atau Lubuk Minturun.

Dengan adanya angkutan wisata semacam itu diharapkan bisa menjangkau semua objek tersebut.

Warga lain yang merupakan mahasiswa di salah satu kampus Padang, Dunan Chaniago mengatakan sarana yang saat ini berkeliaran di Padang bisa dijadikan angkutan wisata resmi, misalnya becak motor.

Menurutnya saat ini belum diketahui jelas legalitas becak motor yang lebih sering digunakan sebagai sarana distribusi barang.

Dengan dijadikannya sarana transportasi swasta tentu pengendaranya bisa lebih resmi di jalan dan jelas mendapat penghasilan.

"Tentu dengan ini bisa memajukan wisata sekaligus meningkatkan perekonomian," katanya.

Sedangkan pemerhati sekaligus praktisi wisata Sumbar, Ian Hanafiah mengatakan dalam menyiapkan objek wisata harus dilakukan dengan lengkap.

Menurutnya semua faktor pendukung seperti tempat belanja, arena bermain, tempat ibadah, toilet dan sarana transportasi harus tersedia.

Termasuk ke dalamnya penginapan yang aman dan nyaman.

Berkaitan angkutan tersebut, Sekretaris Dinas Perhubungan Padang, Yudi Indra mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan bus Trans Padang sebagai salah satu angkutan wisata.

Pemerintah, tambahnya menyiapkan koridor tiga sebagai angkutan yang salah satu rutenya khusus ke tempat wisata seperti Pantai Padang.

Ke depan ujar dia, secara bertahap akan disediakan angkutan wisata yang representatif. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga