Pelajar Dharmasraya Ikuti Forum Pelajar Indonesia

id Forum, Pelajar, Indonesia

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, menjadi salah satu wakil Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dalam pertemuan Forum Pelajar Indonesia yang akan dilaksanakan pada 23 sampai 27 Juli, di Jakarta.

"Siswa kami berangkat bersama enam siswa lainnya yang menjadi utusan Sumbar pada pertemuan tingkat nasional ini," kata Kepala SMA 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya, Israr Aziz di Pulau Punjung, Selasa.

Kegiatan yang mempertemukan pelajar tingkat SLTA dari seluruh Indonesia ini untuk membuka wawasan pelajar dalam berbagai bidang yang nantinya dapat memperkuat minat dan bakat yang menjadi pilihannya, kata dia.

FOR merupakan program dari Indonesia Student dan Youth Forum (ISYF) yang diselenggarakan setiap tahunnya dan pertama kali dilaksanakan pada 2009, lanjutnya.

"Sebelum sampai pada tahap siswa kami mengirimkan karya ilmiah yang diseleksi di tingkat provinsi. Dari ratusan karya ilmiah yang masuk terpilih salah satunya siswa kami atas nama Rizky Aryandi bersama enam utusan Sumbar," ungkap dia.

Ia mengatakan pelajar SMA 1 Sitiung selalu menjadi bagian dalam kegiatan lomba baik tingkat provinsi maupun nasional. Tercapainya prestasi tersebut tidak lepas dari kerjasama pihak sekolah dan dukungan pemerintah daerah setempat.

Menurutnya upaya yang dilakukan dalam mencapai prestasi di tingkat nasional karena setiap guru diharuskan memberi perhatian lebih dalam membina bakat anak.

"Misalnya lomba karya ilmiah, sudah ada guru pembina, ada anak lomba kesenian sudah ada guru pembina. Jadi setiap lomba ada guru pembina yang fokus melatih siswa," ujarnya.

Ia berharap apa yang diraih oleh anak didiknya dapat membawa nama baik daerah,dan juga menjadi motivasi bagi para siswa lainnya untuk meraih prestasi di bidang lainnya.

Sebelumnya, ia menambahkan pelajaran SLTA 1 Sitiung atas nama Kris Rahayu juga meraih peringkat tiga dalam lomba membaca puisi tingkat nasional. (*)