Polres Tanah Datar Sediakan Bus Sekolah Gratis

id Bus Sekolah, Polres, Tanah Datar

Polres Tanah Datar Sediakan Bus Sekolah Gratis

Salah seorang anggota Polres Tanah Datar sedang berupaya menaikan pelajar ke bus sekolah di Batusangkar, Selasa (25/4) (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor (Polres) Tanah Datar, menyediakan bus sekolah gratis bagi siswa daerah itu untuk berangkat sekolah.

"Penyediaan armada bus sekolah ini merupakan upaya Polres untuk mengajak para siswa tidak menggunakan sepeda motor ke sekolah dan beralih ke bus sekolah atau angkutan umum lainnya," kata Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas, saat mulai operasional bus sekolah di Batusangkar, Selasa.

Ia menyebutkan program bus sekolah ini diharapkan menjadi solusi bagi siswa yang kesulitan mendapatkan moda transportasi untuk berangkat sekolah.

"Polres bekerja sama dengan pemerintah daerah terus berupaya menyediakan bus sekolah gratis bagi pelajar ini dan mengharapkan program ini dapat mengurangi siswa membawa sepeda motor ke sekolah," katanya.

Disamping itu, jelas Kapolres, hal ini untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar yang cenderung meningkat setiap tahun.

"Dari hasil evaluasi pelanggaran dan korban kecelakaan lalu lintas dengan menggunakan sepeda motor yang didominasi pelajar, maka kita mengajak siswa menggunakan bus ke sekolah," katanya.

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Datar, AKP Yulandi Rusadi menyampaikan bahwa bus sekolah ini beroperasi setiap hari sekitar pukul 06.30 WIB dengan tiga rute yang telah ditetapkan.

"Kita mengoperasikan tiga bus sekolah yakni satu bus dan dua truk Dalmas yang akan berkeliling setiap hari pada jam sekolah, mulai Senin sampai Sabtu," katanya.

Ia menjelaskan tiga rute yang dilalui bus sekolah ini yakni rute Simpang Manunggal - Dobok - Pincuran Tujuh - GOR Gumarang, kemudian Sungai Tarab - Tigo Batua - Koto Panjang - Gedung Nasional - GOR Gumarang, dan terakhir rute Nagari Gurun - Tabek Boto - Baringin - Lantai Batu - GOR Gumarang.

"Untuk sopir bus sekolah berasal dari anggota Polri ditambah satu petugas lainnya untuk membantu menaikan dan menurunkan siswa," katanya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya mendukung Program Promoter Polri untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Kita berharap ke depan kegiatan ini akan terus berlanjut untuk memberikan kenyamanan bagi para pelajar dan dapat menekan angka kecelakaan," katanya.

Selain itu, Ia mengimbau pihak sekolah dan para orangtua agar siswa yang belum memiliki SIM (surat izin mengemudi) agar tidak diijinkan mengendarai sepeda motor ke sekolah. (*)