KONI Sumbar Upayakan Pilih Atlet Berdasarkan Prestasi

id Syaiful

KONI Sumbar Upayakan Pilih Atlet Berdasarkan Prestasi

Ketum KONI Sumbar, Syaiful. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat (Sumbar) akan mengupayakan dalam pemilihan atlet yang dibina mengutamakan prestasi bukan lagi kedekatan dengan pengurus.

"Mungkin selama ini sebagai apresiasi, rekomendasi pengurus olahraga sedikit banyak mempengaruhi pemilihan atlet, ke depan akan dibuka persaingan sehat," kata Ketua KONI Sumbar Syaiful di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan sebagai langkah awal pihaknya akan mengimbau pengurus di seluruh cabang olahraga di Sumbar untuk mengirimkan pemandu bakatnya di 19 kabupaten/kota.

Pemandu bakat ini kata dia secara rutin memantau atlet potensial yang memiliki prestasi stabil mulai dari usia dini hingga dewasa.

Kemudian setiap atlet potensial tersebut, tambahnya akan didaftarkan pengurus cabang olahraga kepada KONI untuk dipilih berdasarkan ranking dan berbagai macam tes selama pembinaan.

"Dalam hal ini KONI akan menyeleksi berdasarkan rekam jejak prestasi dan hasil tes," kata dia.

Tidak tertutup kemungkinan, ujar dia terdapat rekan, saudara pengurus cabang olahraga dalam seleksi tersebut.

Akan tetapi pada pelaksanaannya pelatihan, pembinaan akan sama dengan yang lain.

"Kami berharap dengan persaingan sehat ini akan didapatkan atlet yang lebih siap terjun di berbagai kejuaraan multinasional atau internasional," sebutnya.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno juga meminta kepada KONI dan pengurus cabang olahraga untuk menghindari praktik merugikan olahraga.

Menurut dia, kekompakan di semua kalangan masyarakat olahraga akan menunjang prestasi Sumbar di nasional.

Tinggal saja pemerintah melengkapi sarana prasarana olahraga nantinya. (*)