Warga Rabijonggor Pasaman Barat Temukan Orok Bayi Laki-laki

id Temuan, Bayi, Pasaman Barat

Simpang Empat (Antara Sumbar) - Warga Jorong Kampung Pinang Nagari Rabijonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) dikejutkan dengan penemuan mayat bayi (orok) laki-laki di aliran Sungai Batang Alin Menek, Senin (24/4) sekitar pukul 11.30 WIB.

"Benar, warga yang menemukan itu adalah Rahmi (30) dan Risda (45) ketika mereka sedang berada di sungai itu," kata Kepala Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, AKBP Iman Pribadi Santoso melalui Kepala Sub Bagian Humas, AKP Muzhendra di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan penemuan orok bayi laki-laki itu berawal ketika Rahmi (30) dan Risda (45) sedang mecari ikan dan langkitang di sungai itu.

Saat itu mereka melihat mayat bayi terapung dan sudah mengambang di aliran sungai. Setelah itu mereka melaporkan kejadian tersebut kepada Kepala Jorong dan melaporkan ke Polsek Gunung Tuleh.

Mendapat laporan dari warga, jajaran Polsek Gunung Tuleh langsung kelokasi dan membawa mayat bayi itu ke Puskesmas Paraman Ampalu untuk pemeriksaan medis.

"Dari hasil olah Tempat Kejadian Peristiwa dan pemeriksaan medis, mayat bayi diperkirakan berumur tujuh bulan dan diduga sengaja dibuang. Diduga dibuang karena dari hasil hubungan gelap," ujarnya.

Setelah dilakukan visum di Puskesmas Paraman Ampalu, mayat bayi langsung dikebumikan oleh masyarakat di samping Masjid Taqwa Kampung Pinang Paraman Ampalu.

"Saat ini personil gabungan Reskrim Res Pasaman Barat dan Polsek Gunung tuleh sedang berupaya mencari ibu dari mayat bayi tersebut," sebutnya.

Saksi yang menemukan, Rahmi (30) mengatakan sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan ibu bayi tersebut yang tega membuang anaknya ke sungai.

"Kami sangat terkejut dengan apa yang kami temukan. Sungguh biadap orang yang membuang anaknya sendiri," katanya.(*)