Agam Peroleh Rp1,9 Miliar Bersihkan Danau Maninjau

id Danau Maninjau

Agam Peroleh Rp1,9 Miliar Bersihkan Danau Maninjau

Siswa dan Satgas BPBD Kabupaten Agam membersihkan enceng gondong yang ada di Danau Maninjau. (Antara)

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memperoleh bantuan dana sebesar Rp1,9 miliar dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Agam Kuantan untuk pembersihan Danau Maninjau dari enceng gondok dan penghijauan hutan di sekitarnya pada 2017.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat, Yulnasri di Lubuk Basung, Senin, mengatakan untuk penghijauan hutan sekitar danau pihaknya akan membiayai tiga unit Kebun Bibit Rakyat (KBR) dengan dana Rp240 juta.

Satu unit KBR diberi dana sebesar Rp80 juta yang akan digunakan untuk pengadaan bibit sebesar Rp50 juta dan pemeliharaan bibit sebesar Rp30 juta.

"Saat ini ketiga KBR tersebut telah mulai membibit, dan dalam waktu dekat sudah bisa ditanam di hutan rakyat," katanya.

Lalu, bantuan bibit untuk penghijauan hutan seluas 80 hektare dengan dana Rp800 juta. Selain itu bantuan bibit 18.000 batang jenis cangkeh, alpokat, pala dan lainnya dengan dana Rp315 juta.

Sedangkan untuk pembersihan danau dari enceng gondok pihaknya akan memberikan bantuan alat untuk pencacah enceng gondok dan peragu senilai Rp250 juta.

Ia menyebutkan selain bantuan dari BPDAS Agam Kuantan, Pemkab Agam juga mendapatkan bantuan bibit dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan BUMD.

Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria menambahkan, bibit ini ditanam di sekitar daerah ketinggian dengan tujuan agar masyarakat tidak menebang pohon sehingga daerah tersebut terhindar dari longsor.

"Ini mengingat bahwa sekitar Danau Maninjau merupakan daerah rawan longsor saat curah hujan tinggi," katanya.

Penanaman bibit pohon ini salah satu program dalam penyelamatan Danau Maninjau dari pencemaran yang menjadi prioritas ke depan.

"Ini untuk pengalihan ketergantungan masyarakat dari budidaya ikan dari danau ke daratan," katanya.

Dengan cara ini, maka hutan dan daerah aliran sungai akan terjaga sehingga air Danau Maninjau akan normal kembali.

Saat ini tambahnya hanya 34 dari 84 anak sungai yang masih memberikan kontribusi ke Danau Maninjau.

"Sisanya sebanyak 50 anak sungai ini sudah kering dan memiliki air apabila curah hujan tinggi. Dengan penanaman pohon ini, maka seluruh anak sungai itu diharapkan aktif kembali," katanya. (*)