Ratusan Calon Pengusaha Muda Berpartisipasi Pada Festival Minangpreneur

id pengusaha muda

Ratusan Calon Pengusaha Muda Berpartisipasi  Pada Festival Minangpreneur

Salah satu produk usaha (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 400 calon pengusaha muda minang mengikuti Festival Minangpreneur yang digelar oleh yayasan Minang Bandung Indonesia, bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dari 22 hingga 23 April 2017 di Padang.

Ketua Pelaksana Festival Minangpreneur Rudi Maulana di Padang, Sabtu mengatakan festival minangpreneur bertujuan untuk membangkitkan semangat "enterpreneurship" di kalangan generasi muda minang.

Rudi menjelaskan, dari 400 calon pengusaha muda minang yang mengikuti festival tersebut, 350 orang merupakan yang sudah mulai berbisnis sedangkan 50 orang belum mulai berbisnis tetapi memiliki keinginan dan ide bisnis.

Didapatkan sebanyak 400 orang tersebut berdasarkan hasil seleksi dari 1.300 orang pendaftar, setelah itu akan diseleksi lagi menjadi 100 orang yang akan diwawancarai hingga menyisakan sebanyak 30 orang.

"30 orang tersebut nantinya yang akan diberikan pendampingan untuk mendapatkan pelatihan bisnis maksimum selama enam bulan," ujarnya.

Kategori penilaian dalam seleksi tersebut, kata dia yaitu produk atau jasa dapat dipasarkan dengan mudah tanpa melalui jalur yang sulit, kemudian bisnis tersebut merupakan solusi dari permasalahan masyarakat.

"Kompetensi pemilik bisnis harus sesuai dengan jasa atau produk yang ditawarkan," katanya.

Lalu, skala investasi bisnis tersebut dapat terjangkau, karena katanya jika pendanaan terlalu besar maka akan menyulitkan investor untuk berinvestasi.

"Dan mudah diduplikasi serta dikembangkan," kata dia.

Dalam rangkaian acara tersebut diundang berbagai investor, dimana nantinya para investor dapat berkolaborasi dengan bisnis-bisnis yang ditawarkan oleh para calon pengusaha minang itu.

Ia berharap para calon pengusaha muda minang dapat memunculkan semangat untuk berbisnis kepada rekan-rekannya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan Festival Minangpreneur dapat memunculkan pengusaha-pengusaha muda baru yang dapat berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Minangpreneur merupakan bentuk nyata yang ditunjukkan perantau-perantau minang dalam membangun Sumbar," ujarnya.

Sementara salah seorang peserta Aprinanda Putra (24) dengan bisnisnya bernama "Ternakkita" berharap adanya jaringan dengan UMKM lain, sehingga bisa mengembangkan bisnis yang dapat bersaing dan memiliki daya jual sama dengan produk luar.

Ia menjelaskan "Ternakkita" merupakan platform investasi yang mempertemukan pemilik modal dengan peternak atau petani yang memiliki kemampuan namun tidak mempunyai modal untuk melakukan pengadaan hewan ternak yang merupakan salah satu alat produksi bagi peternak.

Menurut dia, hewan ternak memiliki potensi yang menjanjikan yang dapat digunakan sebagai salah satu produk investasi.

"Sistemnya merupakan gotong royong, sehingga investor bisa mendapatkan keuntungan serta peternak pun dapat sejahtera," ujarnya. (*)