Padangpariaman Fokus Kerjakan 13 Sarana Kegiatan TMMD

id TNI

Padangpariaman Fokus Kerjakan 13 Sarana Kegiatan TMMD

Prajurit TNI AD. (Antara)

Padangpariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, bersama dengan Komado distrik militer (Kodim) 0308 Pariaman memfokuskan pengerjaan 13 sarana dan prasarana pada kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 98.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padangpariaman, Jonpriadi di Padangpariaman, Sabtu, mengatakan kegiatan TMMD sudah dimulai sejak 20 Maret 2017 yang diawali kegiatan pra TMMD.

"Ada 13 sarana dan prasarana yang dilakukan diantaranya pembukaan jalan baru sepanjang 2,5 kilometer, pembuatan jembatan dari plat sebanyak empat unit, empat jembatan gorong-gorong, pembangunan talut kiri dan kanan badan jalan, pembangunan dua Mesjid dan pembangunan kantor pemuda setempat," kata dia, saat meninjau kegiatan TMMD ke 98 di Kecamatan Padang Sago.

Ia menambahkan pembangunan jalan sepanjang 2,5 kilometer tersebut nantinya menghubungkan dua nagari yaitu Nagari Koto Dalam Barat ke Nagari Koto Dalam Selatan Kecamatan Padang Sago.

Jalan tersebut, ujar dia nantinya terbagi sebanyak tiga jalur yang menghubungkan ke beberapa korong di daerah itu.

"Selama ini masyarakat harus menempuh jarak kurang lebih delapan kilometer apa bila melalui akses jalan lain, namun setelah jalan ini dibuka maka masyarakat setempat hanya menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer saja," ujar dia.

Dalam perencanaan program TMMD ke 98 pembangunan jalan baru tersebut tidak dilakukan pengaspalan karena terkendala anggaran. Namun pemerintah daerah bertekad akan melakukan pengaspalan sehingga lebih mempermudah akses masyarakat.

Sementara itu Kapten Infanteri Irwan T. Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) Kodim 0308 Pariaman, mengatakan pihaknya optimis pengerjaan sarana dan prasarana dapat diselesaikan sebelum 4 Mei 2017.

"Beberapa pengerjaan pisik secara menyeluruh seperti jalan, jembatan dan Mesjid hampir rampung," sebut dia.

Meskipun demikian, lanjutnya beberapa minggu terakhir pengerjaan sempat terkendala akibat hujan deras yang terus terjadi sehingga berimbas pada pengerjaan.

"Jika cuaca terus buruk, pengerjaan akan kita lakukan saat malam hari untuk memacu pengerjaan sebelum 4 Mei 2017," ujarnya.

Ia menyebutkan untuk melaksanakan kegiatan TMMD ke 98, pihaknya melibatkan sebanyak 150 personel TNI yang berasal dari Batalion Infanteri 133 Padang dan Kodim 0308 Pariaman.

Selama menjalankan tugas atau program tersebut, para TNI menetap dan berbaur dengan masyarakat setempat untuk mempererat hubungan kedua belah pihak. (*)