Rabu, 28 Juni 2017 - 4 Syawwal 1438 H

Korem 032/Wirabraja Cetak 600 Hektare Sawah Baru

Areal pertanian. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja, Sumatera Barat, pada 2016telah mencetak sawah baru seluas 600 hektare guna mendukung program swasembada pangan di provinsi setempat.

"Sawah baru seluas 600 hektare itu berada di enam kabupaten yang dilakukan secara bertahap," kata Kepala Seksi Teritorial Korem 032/Wirabraja Kolonel Inf M Asep Apandi, di Padang, Jumat.

Ia menyebutkan ke enam kabupaten itu antara lain Sijunjung, Dharmasraya, Agam, Tanah Datar dan Padang Pariaman.

Sedangkan untuk tahun ini pihaknya menargetkan membuka lahan baru seluas 470 hektare pada empat kabupaten yakni Agam, Tanah Datar, Dharmasraya, dan Pasaman Barat.

Kemudian lahan tersebut akan dialihfungsikan sebagai sawah baru guna dimanfaatkan oleh masyarakat.Khususnya masyarakat yang masih memanfaatkan pengairan sawah secara alami seperti dari air hujan.

"Kami juga akan membangun embung untuk dimanfaatkan sebagai irigasi agar pengairan sawah tetap lancar dan produksi petani meningkat," ujarnya.

Sebab kata dia, pengairan sawah yang bergantung pada cuaca menjadi salah satu sulitnya meningkatkan produksi beras.

"Dengan adanya pembuatan areal sawah baru dan sistem pengairan ini akan mendorong peningkatan jumlah produksi beras di provinsi ini setiap tahunnya," sebut dia.

Ia mengatakan dalam mencetak sawah baru, Korem 032/Wirabaja melibatkan 1120 Bintara Pembina Desa (Babinss) yang dilengkapi dengan ilmu pertanian untuk melakukan pendampingan petani dalam hal penyuluhan serta program Kementerian Pertanian lainnya.

"Dalam pelaksanaannya setiap Babinsa bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) memberikan pengetahuan pertanian kepada petani sekaligus memotivasinya," ujarnya. (*)

Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : ikhwan Wahyudi
Padang (Antara Sumbar ) - Memasuki usia 65 tahun  Gazali menjadi  satu-satunya pria penghuni komplek perumahan karyawan ...
Baca Juga