TENTANG KAMI | INDEX | REDAKSI | IKLAN | RSS | PETA | KONTAK | KETENTUAN | FORUM | FACEBOOK | Twitter | REGISTER | SIGN IN
Jumat, 18 Agustus 2017 - 26 Zulqaidah 1438 H

Wagub Sumbar Harapkan Pramuka Bentuk Karakter Generasi Muda

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit membuka pelatihan instruktur muda gerakan pramuka se-Sumbar di Gedung Indojolito Batusangkar, Jumat (21/4). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)
Batusangkar, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat, Nasrul Abit mengharapkan gerakan pramuka mampu membentuk karakter positif generasi muda di daerah itu.

"Gerakan pramuka dapat membentuk karakter anak muda menjadi pribadi yang tangguh, disiplin dan mandiri," katanya saat membuka Pelatihan Pembina Instruktur Muda Kwartir Daerah 03 Sumbar di Batusangkar, Tanah Datar, Jumat.

Ia menyebutkan selain membentuk karakter diri, gerakan pramuka hendaknya juga mampu mendorong anak muda untuk menghindari pergaulan bebas, penyalahgunaan Narkoba dan pornografi.

"Kita sangat rentan kehilangan jati diri jika anak-anak muda tidak dipupuk sedini mungkin untuk selalu mengembangkan karakter bangsa," katanya.

Ia menambahkan, sangat tepat jika gerakan pramuka menjadi salah satu sarana untuk mencerdaskan anak-anak bangsa, sekaligus memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong serta membentuk karakter generasi muda.

"Kegiatan pramuka merupakan suatu proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan keluarga yang dikemas dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan dan sehat yang dilakukan di alam terbuka," katanya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengharapkan gerakan pramuka dapat menjadi sarana edukasi bagi generasi muda.

"Gerakan pramuka diharapkan dapat menjadi sarana edukasi bagi generasi muda dalam menghadapi pengaruh negatif era globalisasi saat ini," katanya.

Ia menyebutkan Pemkab Tanah Datar selalu mendorong kegiatan pramuka yang kreatif dan inovatif sesuai perkembangan zaman.

"Saat ini, gerakan kepramukaan harus mampu berinovasi, berkreasi dan bersinergi dalam memajukan kegiatan kepramukaan," katanya.

Selain itu, pemkab juga mendukung kegiatan kepramukaan dalam pembentukan karakter, mental, dan sikap generasi muda.

Ketua Kwarcab Pramuka 0304 Tanah Datar, Anton Yondra menyampaikan bahwa gerakan pramuka sebagai wadah kegiatan dan alternatif utama bagi kaum muda dimana mampu menanggulangi masalah-masalah kehidupan berbangsa yang berkembang dewasa ini.

"Peningkatan kegiatan kepramukaan hendaknya mampu membentengi anak-anak kita dari pengaruh negatif, karena setiap anggota pramuka dididik jiwa disiplin dan mandiri serta kepekaan sosial yang tinggi," katanya.

Ia mengatakan bahwa pada era globalisasi dan kemajuan ilmu teknologi ini, gerakan pramuka memiliki peranan penting untuk terus membangun karakter bangsa.

"Gerakan pramuka merupakan salah satu faktor pendorong karakter kebangsaan tersebut, sebab itu pramuka dinilai dapat membangun manusia yang dapat memiliki karakter serta watak kuat, tidak hanya cerdas serta menguasai ilmu pengetahuan akan tetapi juga generasi muda yang tangguh, serta berbudi pekerti, hingga dapat menjunjung persatuan dan kesatuan," terangnya.

Ketua Pelaksana Pelatihan, Edwarsyah mengatakan peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 50 orang yang berasal dari pengurus DKD Pramuka Sumbar dan DKC kabupaten kota dimana berlangsung pada 21 sampai 23 April 2017.

"Tema dalam pelatihan ini adalah mengoptimalkan peran pramuka dalam membangun karakter bangsa," katanya. (*)

Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga