Sabtu, 23 September 2017 - 3 Muharram 1439 H

Sumbar Baru Salurkan BPNT 25 Persen

Kepala Bulog Divre Sumbar Benhur Ngkaimi. (ANTARA SUMBAR/Miko Elfisha)
Padang, (Antara Sumbar) - Badan Urusan Logistik Sumatera Barat memastikan realisasi penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di daerah itu baru sekitar 25 persen dari total 27.427 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Kita baru salurkan untuk 7.000 KPM. Sementara untuk 20 ribu lagi masih belum, karena mereka belum menerima kartu (vocer) tanda penerima," kata Kepala Bulog Sumbar Benhur Ngkaimi dihubungi dari Padang, Jumat.

Menurut dia, penyaluran BPNT hanya bisa dilakukan pada KPM yang memiliki voucher BPNT.

Di Sumbar hanya Kota Padang yang menerima BPNT, sementara 18 kabupaten dan kota lain masih berupa bantuan beras untuk masyarakat pra sejahtera (rasta).

Benhur mengaku tidak mengetahui persoalan hingga belum semua KPM yang mendapatkan voucher. Namun dalam waktu dekat Bulog akan merembukkan hal tersebut dengan pihak terkait.

Ia mengatakan Bulog telah menyiapkan 40 unit Rumah Pangan Kita (RPK) bekerja sama dengan BRILink di Kota Padang untuk penyaluran BPNT.

"RPK dan BRILink ini sudah siap melayani. Sebarannya juga sudah ada pada seluruh kecamatan di Kota Padang," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Bina Usaha Biro
Lerekonomian Sekretariat Provinsi Sumbar Azrizal mengatakan BPNT itu seharusnya telah disalurkan karena data penerima telah valid.

Ia mengatakan sebelumnya memang ada sedikit perbedaan antara data alokasi pagu rastra dan BPNT berdasarkan keputusan Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan No. B-12/Menko/PMK/II/2017 dengan data berdasarkan nama dan alamat dari Kementerian Sosial.

Namun perbedaan data tersebut telah terselesaikan dan penyaluran harusnya telah dilakukan setidaknya untuk Januari hingga Maret. (*)




Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga