58 Wanita di Padangpariaman Terdeteksi Alami Gejala Kanker-Serviks

id Kanker, Serviks, Padangpariaman

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat menemukan 58 wanita dewasa yang diduga mengalami gejala kanker servik selama pekan pemeriksaan Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) .

"Pemeriksaan tersebut dilakukan pada wanita yang berusia 30 sampai 50 tahun. Sebanyak dari 1.884 wanita melakukan pemeriksaan," kata Kepala Dinkes Kabupaten Padangpariaman, Aspinuddin di Parit Malintang, Kamis (20/4).

Ia menambahkan Pekan IVA berlangsung dari 26 Februari sampai 20 April 2017 yang bekerja sama dengan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Padangpariaman.

Ia menjelaskan PKK tingkat kabupaten akan memerintahkan PKK tingkat kecamatan untuk mengirimkan kadernya ke Puskesmas terdekat guna melakukan pemeriksaan IVA.

"Apabila ditemukan gejalanya melalui pemeriksaan IVA maka akan dilakukan pemeriksan lebih lanjut," ujarnya.

Namun Puskesmas yang bisa melakukan lebih lanjut di kabupaten itu hanya di Puskesmas Kecamatan Sungai Limau dan Kampung Dalam.

Sekarang Dinkes sedang berkoordinasi dengan PKK kabupaten untuk menentukan waktu yang tepat guna melakukan pemeriksaan tersebut.

Saat ini bagi wanita dewasa yang positif mengalami gejala kanker serviks maka pihaknya menindaklanjutinya sesuai dengan keluhan.

Kepala Bidang Penyakit Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Padangpariaman, dr. Jasneli Mar mengatakan rasa malu membuat wanita dewasa takut melakukan pemeriksaan IVA.

"Padahal pemeriksaan IVA merupakan salah satu pendeteksi dini kanker serviks," ujarnya.

Ia berharap seluruh wanita dewasa di daerah itu mau melakukan pemeriksaan IVA agar terhindar dari kanker serviks dan pemeriksaannya pun gratis.

Namun pihaknya tetap menyarankan masyarakat untuk terdaftar di Jaminan Kesehatan Nasional karena apabila positif mengalami kanker serviks maka pada pemeriksaan dan pengobatan tahap berikutnya biayanya bisa ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Sedangkan untuk wanita di bawah umur 30 tahun diharapkan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, tidak menikah pada usia dini, menjaga hubungan seksual yang hanya dengan satu pasangan, serta jaga pola makan agar terhindar dari kanker serviks. (*)