Senin, 21 Agustus 2017 - 29 Zulqaidah 1438 H

Bupati: Tampilkan Kesenian Lokal Terbaik dalam HUT TMII

Bupati Pasaman Yusuf Lubis saat melepas keberangkatan rombongan Sanggar Pasaman Saiyo ke Jakarta, Kamis. (ANTARA SUMBAR/Riko Saputra)
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meminta kepada rombongan seni budaya yang tergabung dalam Sanggar Pasaman Saiyo untuk menampilkan kesenian lokal yang memukau penonton dalam mengisi acara perayaan ulang tahun Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta sehingga akan lebih mengenalkan kesenian asli daerah itu.

"Dalam acara tersebut akan menampilkan enam tarian yakni Tari Galombang, Tari Bagurau, Tari Indang Muaro Mangguang, Irianjai Padang Gelugur dan Tari Palanse, Tari Turun Ka Sawah Jambak Lubuk Sikaping," ujarnya di Lubuk Sikaping, Kamis.

Menurutnya, penampilan tarian prosesi turun ke sawah dari Nagari Jambak ini merupakan budaya yang sangat berkembang di nagari tersebut khususnya Pasaman yang dirangkai dan kita kemas dalam bentuk tari dan nyanyian.

Ia mengatakan sebelum keberangkatan ini pihak sanggar telah melakukan latihan dan persiapan dengan matang.

"Kita berharap kegiatan ini dapat mengharumkan nama Pasaman di kancah Nasioanal dengan menampilkan kesenian asli daerah dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai peserta dari Pasaman menjadi perbincangan buruk di Nasional," ujarnya.

Ia juga berharap peserta dari Pasaman juga harus selalu menjalin kekompakan dan kerjasama dengan baik karena itu juga akan menjadi penilaian dari panitia.

"Yang terpenting buatlah masyarakat Pasaman bangga dengan memberikan prestasi terbaik. Ini juga untuk mewujudkan Visi Misi pemerintah daerah yakni mewujudkan masyarakat Pasaman yang agamis, sejahtera dan berbudaya," katanya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pasaman Ricky Riswandi mengatakan kegiatan tersebut akan digelar pada Minggu (23/4).

"Rombongan yang berangkat tersebut yakni sebanyak 40 orang yang terdiri dari 35 peserta dan lima orang pendamping," ujarnya.

Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Yasri mengatakan sangat bangga memiliki tarian dan kesenian asli daerah itu.

"Keberagaman suku, adat, bahasa dan kebudayaan itu menjadi kebanggaan bagi kita karena dengan berbagai suku dan budaya itu juga akan menghasilkan banyak kesenian daerah. Kita bangga karena Pasaman juga turut berperan dalam menampilkan kesenian di TMII Jakarta," ujarnya

Ia meminta kepada peserta yang diutus agar memberikan penampilan yang terbaik dan dilakukan dengan serius sehingga akan mengukir prestasi di tingkat nasional. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Desca Lidya Natalia
     "Jadi Pak ni kalau mau jujur Pak, Saya sampek bilang 'Pak boleh gak sih saya ngomong? KPK itu independen apa ...
Baca Juga