PLN Alokasikan Rp150 Juta Lestarikan Danau Maninjau

id #penghijauan

PLN Alokasikan Rp150 Juta Lestarikan Danau Maninjau

Wakil bupati terima bantuan bibit alpokat untuk penghijauan di danau manunjau. (c)

Lubuk Basung, (AntaraSumbar) - PT PLN Persero mengalokasikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Rp150 juta pada 2017 untuk membantu bibit tanaman dan program lainnya dalam melestarikan Danau Maninjau.

"Kita mengajukan penambahan dana CSR pada tahun depan dan berharap usulan ini disetujui pusat nantinya," kata Maneger PT PLN Persero Pembakit Bukittinggi, Syodikin.

Dana CSR sebesar Rp150 juta ini digunakan untuk pengadaan bibit alpokat sebanyak 5.000 batang, pupuk senilan Rp10 juta dan kegiatan lainnya.

Pada tahap awal, bantuan bibit alpokat telah disalurkan kepada kelompok tani.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa mengatasi pencemaran di danau dan mengalihkan ketergantungan warga dari budidaya ikan ke daratan," katanya.

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, mengucapkan terimakasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan bibit alpokat kepada kelompok tani di sekitar Danau Maninjau.

Namun dia berharap anggota kelompok untuk menanam dan memelihara bibit tersebut agar target dari program ini akan tercapai.

"Jangan sampai setelah bantuan diberikan, tidak ditanam di lahan perkebunan," katanya.

Bantuan bibit alpokat ini salah satu program dari penyelamatan Danau Maninjau yang sedang digalakan Pemkab Agam dan ini salah satu program prioritas pada masa kepemimpinannya dari 2016-2021.

Dengan cara ini, maka hutan dan daerah aliran sungai akan terjaga sehingga air Danau Maninjau akan normal.

Saat ini, katanya, hanya 34 dari 84 anak sungai masih memberikan kontribusi ke Danau Maninjau.

"Sisanya sebanyak 50 anak sungai ini sudah kering dan memiliki air apabila curah hujan tinggi. Dengan penanaman pohon ini, maka seluruh anak sungai itu akan aktif kembali," katanya. (*)