Anies Harap Pilkada DKI Putaran Dua Bersih

id Anies Baswedan

Anies Harap Pilkada DKI Putaran Dua Bersih

Anies Baswedan (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkada DKI putaran kedua berjalan lancar, bersih, jujur, dan adil.

"Ini adalah pesta demokrasi yang mendapat perhatian banyak pihak baik di Jakarta, luar Jakarta, maupun dunia internasional. Karena itu mari kita pastikan pilkada di Jakarta berjalan baik, tidak ada suasana ketegangan, suasana yang membuat resah," ujarnya usai melakukan pemungutan suara di TPS 28 Jalan Haji Nasiin, Lebak Bulus II RT 06 RW 04 Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Rabu.

Anies mengimbau seluruh masyarakat baik yang ikut memilih calon gubernur dan wakil gubernur DKI maupun yang hanya mengikuti perkembangan Pilkada DKI untuk selalu menjaga suasana damai dan sejuk.

Ia juga telah meminta Bawaslu DKI Jakarta untuk mengantisipasi indikasi kecurangan yang mungkin muncul sepanjang hari H pemungutan suara dan dengan tegas menindak pihak-pihak yang berlaku curang.

"Jangan ada penyimpangan yang dibiarkan karena pelanggaran apapun bisa membuat suasana menjadi tidak tenang," ungkap calon gubernur DKI nomor urut 3 itu.

Anies tiba di TPS untuk mencoblos surat suara bersama sang istri, Fery Farhati Ganis, dan putri sulungnya, Mutiara Annisa Baswedan sekitar pukul 10.22 WIB.

Ketiganya menandai rampungnya proses pencoblosan dengan memasukkan surat suara yang telah dicoblos ke kotak suara, kemudian memamerkan tiga jari yang telah dicelupkan tinta pemilu, sebelum meninggalkan lokasi pada pukul 10.38 WIB.

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta telah menetapkan dua pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubenur DKI Jakarta yang lolos ke putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017, yaitu Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Sebanyak 7.218.254 orang terdaftar sebagai pemilih tetap dalam Pilkada DKI putaran kedua yang akan ikut melakukan pencoblosan kertas suara di 13.034 TPS. (*)