LKKS Sumbar Bantu Pemodalan 25 Keluarga Miskin

id LKKS Sumbar, Keluarga Miskin

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Sumatera Barat membantu 25 keluarga miskin di Kabupaten Solok Selatan melalui program Usaha Ekonomi Kreatif sebesar Rp2 juta guna penguatan modal.

"Bantuan pemodalan diberikan pada masyarakat miskin yang sudah memiliki usaha dan sasarannya warga yang dinggal di Nagari yang sudah membentuk Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya)," kata Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari Solok Selatan, Dicky Nanda Utama, di Padang Aro, Selasa.

Ia mengatakan bantuan LLKS disalurkan bagi masyarakat di Nagari Pasir Talang Barat, Kecamatan Sungai Pagu.

Bantuan itu bertujuan untuk mempercepat pengentasan kemiskinan.

Dengan adanya modal, maka usaha yang digeluti masyarakat tersebut bisa lebih cepat maju sehingga penerima bisa cepat keluar dari garis kemiskinan.

Ia menjelaskan untuk pengentasan kemiskinan yang dibantu bukan hanya masalah ekonomi semata tetapi juga pendidikan dan kesehatannya.

Oleh sebab itu, LKKS Sumbar juga memberikan bantuan 100 jamban bagi masyarakat di tiga nagari di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.

Tiga Nagari yang mendapat bantuan jamban yaitu Pakan Rabaa, Pakan Rabaa Tengah dan Pakan Rabaa Utara.

"Bantuan jamban ini merupakan hasil kerja sama LKKS Provinsi, Kabupaten Solok Selatan dan Badan Amil Zakat (Baznas)," katanya.

Dengan berbagai program bantuan itu diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan data BPS, masyarakat miskin Solok Selatan sejumlah 8.269 Kepala Keluarga atau 11.900 jiwa dari 159.796 jiwa yang tersebar di tujuh Kecamatan. (*)