Selasa, 24 Oktober 2017 - 4 Safar 1439 H

KONI: Sumbar Potensial Lahirkan Pebulutangkis Nasional

Ilustrasi. (ANTARA FOTO)
Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Sumatera Barat (Sumbar) Syaiful mengatakan bahwa daerahnya potensial melahirkan atlet bulu tangkis yang berprestasi hingga nasional dan internasional.

"Banyak klub bulu tangkis di Sumbar yang potensial lahirkan atlet berprestasi karena sistem pembinaan yang berjenjang," katanya di Padang, Selasa.

Sebagai contoh, sebutnya klub Binatama Padang yang memiliki sistem pembinaan secara berjenjang mulai dari usia anak-anak, remaja, taruna, dewasa dan hingga tingkat atlet.

Disamping itu beberapa pebulutangkis nasional bukan pelatnas seperti Diovano Arisdo Firdi yang saat ini bergabung dengan klub ISTC Sukabumi merupakan produk PBSI Sumbar dan dari klub Binatama Padang.

Selain Diovano masih ada Agil Wahyudi yang pernah dipantau tim pelatnas beberapa waktu lalu dan saat ini bergabung di klub Binatama, serta Muhammad Taufik Amri.

Kemudian di sektor putri ada Fira Radi Pratiwi di Binatama, atau Ayesha Vedora Putri.

"Bila diasah terus kemampuannya, melalui pertandingan daerah dan kejuaraan nasional tentu bisa masuk pelatnas," ujarnya.

Akan tetapi, kata dia mahalnya dana untuk ikut kejuaraan menjadi faktor utama pembatas pengembangan tersebut.

Selain itu klub yang ada saat ini juga belum kreatif mencari sponsor sehingga untuk menggelar kejuaraan berskala daerah bahkan nasional masih sulit.

Ada beberapa seperti Kejuaraan Atlanta, atau Piala Binatama yang digelar rutin setiap tahun namun intensitasnya masih minim.

Dia berharap instansi dan masyarakat memberikan perhatian dan dukungan untuk majunya bulu tangkis di Sumbar tersebut.

Salah satu kesuksesan klub bulu tangkis di Jawa karena ada pembinaan berjenjang dengan pasokan sponsor seperti Djarum dan Sampoerna.

"Tentu kita menantikan ada lagi pebulutangkis nasional asal Sumbar mengharumkan Indonesia di ajang internasional," katanya.

Senada itu sebagai pecinta olahraga bulu tangkis yang juga Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi berharap agar masyarakat mulai membuka mata untuk berkembangnya bulu tangkis di Padang.

Menurutnya tidak bisa prestasi diraih dengan jarang mengikuti kejuaraan serta tidak adanya dukungan sponsor.

Dia mengatakan upaya yang dilakukan klub Binatama perlu dicontoh oleh klub bulu tangkis lainnya di Padang. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga