Pejabat di Pesisir Selatan Lomba Mengulek Cabai

id Hendrajoni, Ngulek, Cabai

Pejabat di Pesisir Selatan Lomba Mengulek Cabai

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni (tengah) sedang mengulek cabai yang merupakan salah satu perlombaan pada Festival Langkisau, Selasa. (ANTARA SUMBAR/Didi Someldi Putra)

Painan, (Antara Sumbar) - Sebanyak 37 orang pejabat di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengikuti lomba mengulek cabai yang merupakan salah satu perlombaan pada Festival Langkisau.

Selain Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dan Kepala Kejaksaan Negeri Painan, Yeni Puspita, kepala organisasi perangkat daerah setempat juga terlibat pada perlombaan yang digelar di Painan, Selasa.

Bupati menyebutkan perlombaan tersebut sengaja digelar dan dikhususkan bagi pejabat agar muncul kreativitas pada saat mengulek cabai.

"Tidak gampang mengulek cabai terutama bagi kaum pria, dituntut kreativitas untuk menuntaskannya," ujar dia.

Ia mengatakan pada perlombaan mengulek panitia hanya memberikan waktu 10 menit bagi peserta untuk menuntaskan tugasnya.

Masing-masing peserta diberikan satu ulek dan seperempat kilogram cabai yang harus dilumatkan.

Pemenang lomba akan diumumkan pada 22 April 2017 bertepatan dengan penutupan Festival Langkisau.

Salah seorang ibu rumah tangga yang ikut menyaksikan perlombaan itu, Anisa (35) menyebutkan bahwa perlombaan tersebut cukup kreatif dan mampu mengundang gelak tawa, walau demikian ia berharap pada festival berikutnya juga ada perlombaan permainan tradisional.

"Banyak permainan tradisional yang sudah tidak dimainkan lagi, agar tetap lestari saya pikir permainan tradisional juga harus dilombakan," kata dia.

Festival Langkisau dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Oni Yulfian pada Minggu (16/4), selama kegiatan pemerintah kabupaten setempat menargetkan 35 ribu kunjungan wisatawan. (*)