Pemkab Padangpariaman Luncurkan Website PPID

id Website PPID, Padangpariaman

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, meluncurkan website Pusat Pelayanan Informasi Daerah (PPID) untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.

"Peluncuran website-nya memang sekarang, tapi implementasinya sudah dilakukan sekitar enam tahun lalu namun belum dalam jaringan (daring)," kata Bupati Padangpariaman Ali Mukhni usai meluncurkan website PPID di Parit Malintang, Selasa.

Ia mengatakan salah satu produk PPID pada enam tahun lalu yaitu Pesan Penduduk (Pesduk) yang beroperasi selama 24 jam untuk menghimpun masalah masyarakat.

Ia menjelaskan Pesduk tersebut terhubung dengan Organisasi Perangkat Daerah sehingga apabila terjadi permasalahan maka pihaknya dapat bertindak cepat.

"Contoh suatu nagari di Nagari Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, ada jalan rusak maka masyarakat segera melapor dan pesan itu langsung sampai ke Dinas PU," katanya.

Pada website yang diluncurkan sekarang dikembangkan lagi seperti di bidang PPID, kesehatan, pendidikan, dan perizinan.

Tujuan dikembangkannya produk tersebut agar semua kinerja Pemkab dapat terukur, transparan, serta keluhan masyarakat dapat diproses dengan cepat, ujarnya.

"Yang pasti kami berupaya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Saat ini nagari (desa adat) di Padangpariaman yang terhubung dengan internet Telkom sekitar 20 nagari dari 103 nagari di daerah itu.

"Kami telah membicarakan sedikitnya nagari yang terhubung ke internet kepada General Manager Wilayah Telkom Sumbar dan katanya siap membantu," ujar dia.

Apabila perangkat nagari tersebut tidak bisa menggunakan internet maka pihaknya akan melakukan pelatihan.

Sementara itu, General Manager Wilayah Telkom Sumbar, Darmawi mengatakan akan membantu Pemda di wilayahnya agar seluruh nagari dan desa terhubung internet.

"Kami juga menawarkan berbagai aplikasi agar seluruh kabupaten dan kota di Sumbar bisa mewujudkan Smart City," katanya. (*)