Rini Klaim BUMN Lebih Baik dari Sebelumnya

id Rini Soemarno

Rini Klaim BUMN Lebih Baik dari Sebelumnya

Menteri BUMN Rini Soemarno (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengklaim bahwa BUMN sekarang lebih baik daripada tiga tahun sebelumnya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran karyawan Kementerian BUMN, setelah saya 2,5 tahun di sini kita sudah jauh lebih baik dari tiga tahun sebelumnya," kata Menteri BUMN saat memberikan sambutan pada acara ulang tahunke-19 Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa.

Rini juga mengatakan bahwa dulu kerja di Kementerian BUMN, seperti Kantor POS, hanya melihat surat-surat dan memberikan izin kepada perusahaan BUMN.

Namun sekarang, Kementerian BUMN lebih berkinerja, bahkan seperti koorporasi, pengawas dan regulator dari pemerintah.

Ia juga mengungkapkan kebanggaannya karena bisa menyatukan BUMN yang sebelumnya bekerja sendiri-sendiri di bawah kementerian teknis. Dalam ulang tahun yang ke-19 Rini kembali mengingatkan pentingnya BUMN untuk bertransformasi ke dunia digital mengikuti zaman.

Rini memperkenalkan kartu Indonesia Poin yang dapat dimanfaatkan oleh para karyawan BUMN. Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah meluncurkan Kartu Indonesia Poin untuk para pegawai atau keluarga karyawan BUMN.

"Seluruh pejabat pegawai harus siap dengan dunia digital, itu adalah tujuan dari kartu digital ini," kata Menteri BUMN Rini Soemarno di salah satu hotel di Jakarta, Kamis (13/4).

Kartu BUMN dapat digunakan sebagai kartu identitas multifungsi. Tidak hanya sebagai alat pembayaran (uang elektronik), tapi juga dapat digunakan untuk program loyalti (pengumpulan, transfer, dan penggunaan poin di antara BUMN), serta kartu akses ke infrastruktur perusahaan maupun ke fasiiitas Iayanan kesehatan.

Rini mengatakan, Kartu BUMN hadir sebagai implementasi visi untuk mensinergikan keunggulan BUMN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkuat portofolio bisnis, terutama bidang finansial, e-commerce, dan digital platform untuk kerjasama antar BUMN.

Program ini memungkinkan karyawan BUMN dan anggota ke|uarganya dapat memperoleh manfaat maksimal dari program promosi antar BUMN. Dengan adanya kartu multifungsi ini, maka BUMN akan dapat semakin mengembangkan bisnisnya dengan penggunaan dan promosi oleh jutaan orang karyawan BUMN dan ke|uarganya. Di samping itu, kehadiran Kartu BUMN juga akan mendorong roadmap pengembangan bisnis yang mengarah ke pembentukan National Payment Gateway. (*)