Selasa, 24 Oktober 2017 - 4 Safar 1439 H

Pelanggan Listrik Pintar Sumbar Capai 447.736 Sambungan

(ANTARA FOTO)
Padang, (Antara Sumbar) - Perseroan Terbatas PLN Wilayah Sumatera Barat mengatakan jumlah pelanggan listrik prabayar di daerah itu mencapai 447.736 sambungan dari total keseluruhan pelanggan 1.297.988 hingga Maret 2017.

"Jumlah pelanggan tersebut mengalami kenaikan dibandingkan bulan Februari 2017sebanyak 13.481 sambungan," kata Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Wilayah Sumbar, Remalis di Padang, Senin.
Ia mengatakan peningkatan setiap bulan selalu berubah tergantung kesadaran masyarakat akan informasi manfaat listrik pintar (prabayar) dari masing-masing daerah.

"Menurut data bulan ini daerah dengan jumlah masyarakat terbanyak yang telah beralih dari pascabayar ke prabayar berada pada Pasaman Barat, sedangkan pengguna terendahnya ada di Kepulauan Mentawai," katanya.

Padahal, ia menjelaskan dengan menggunakan listrik prabayar pelanggan dapat mengontrol pemakaian listrik, dan juga dapat melatih pelanggan untuk berhemat dengan menggunakan listrik tepat guna.

"Semakin sedikit pemakaian, maka pulsa listrik atau token yang dipakai juga semakin hemat," ujarnya.

Ia mengaku jumlah pelanggan yang masih menikmati listrik pascabayar di Sumbar jumlahnya masih mendominasi dari listrik pintar tersebut.

"Hingga saat ini pelanggan yang masih menggunakan listrik pascabayar terhitung sebanyak 849.252," ujarnya.
Remalis mengatakan berbagai sosialiasi telah diberikan kepada masyarakat dan berbagai informasi juga sudah dijelaskan melalui media-media, tetapi semua kembali kepada masyarakat itu sendiri sebagai pelanggan.

"Jadi masyarakat tinggal memilih cara lebih praktis atau memakai kebiasaan lama, itu semua kembali kepada keperluan masing-masing pelanggan," ujarnya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Atman Ahdiat
Semangat Pemerintah Daerah Sumatera Barat untuk memacu pertumbuhan di sektor pariwisata terpancar pada Forum Investasi Regional ...
Baca Juga