Kementan Bantu Solok Selatan Buat Embung

id embung, swasembada, pangan

Kementan Bantu Solok Selatan Buat Embung

(ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Kementerian Pertanian membantu pembuatan empat embung bagi petani di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, senilai Rp400 juta dalam upaya pencapaian swasembada beras, kata pejabat pemerintah setempat.

"Setiap embung diberi dana Rp100 juta dan dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok tani," kata Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan Tri Handoyo Gunardi didampingi Kepala Seksi Lahan dan Irigasi Arianto Afendo, di Padang Aro, Senin.

Ia mengatakan, embung yang akan dibuat tersebut berada di Kecamatan Sangir tiga unit yang dikelola oleh kelompok tani Sungai Bayu. Luas sawah 16,21 hektare.

Keltan Mina Permata Lestari Nagari Lubuak Gadang Utara dengan luas lahan 16,86 hektare. Keltan Rancak Saiyo Nagari Lubuak Gadang Timur dengan luas sawah 29,61 hektare.

Sedangkan satu unit lagi, kata dia dikelola oleh kelompok Sari Buah di Nagari Ranah Pantai Cermin Kecamatan Sangir Jujuan dengan luas sawah sembilan hektare.

Setiap embung yang dibuat bisa menampung air dengan volume 500 meter kubik.

Ia menyebutkan, untuk pembangunannya sekarang masih menunggu transfer dana dari pusat ke rekening kelompok.

"Rekening kelompok sudah selesai dan tunggu transfer dana dari pusat dan setelah masuk langsung dikerjakan," kata dia.

Dia menjelaskan, embung yang dibuat dipergunakan sebagai cadangan bagi petani apabila irigasi yang ada tidak memadai lagi.

Embung ini, kata dia, gunanya saat musim kemarau sebagai cadangan air bagi petani.

"Sekitar pembangunan embung sebetulnya irigasi memadai tetapi saat kemarau airnya tidak bisa mengairi seluruh sawa sehingga dengan embung bisa mengatasi permasalahannya," katanya.

Ia menambahkan selain dana APBN tahun ini melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) juga dibangun satu embung di Ranah Pantai Cermin senilai Rp170 juta.

"Pembuatan embung melalui DAK menunggu hasil survei kelokasi oleh petugas," katanya. (*)