Wagub Ketua DPD Gerindra Perkuat Posisi Pemerintah

id Nasrul Abit, DPD, Gerindra

Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menilai ditunjuknya Wakil Gubernur (Wagub) setempat, Nasrul Abit sebagai Ketua DPD Gerindra Provinsi itu akan makin memperkuat posisi pemerintah daerah dalam mewujudkan program program pembangunan.

"Membangun daerah dengan pendekatan politik harus dilakukan bersama-sama, tidak bisa satu partai saja. Karena itu posisi Wagub sebagai Ketua DPD Gerindra Sumbar sekarang akan lebih memudahkan pembangunan daerah," katanya di Padang, Senin.

Bahkan, menurutnya untuk pembangunan Sumbar, kalau bisa semua partai bisa berkoalisi, jangan ada yang mengambil sikap oposisi.

"Partai yang oposisi terhadap program pembangunan tentu akan menjauhkannya dari masyarakat," tambahnya.

Ia juga membantah posisi Wagub yang makin kuat secara politik akan memecah hubungan mereka sebagai kepala daerah yang selama setahun masa pemerintahan, dinilai masih harmonis.

"Tidak akan pecah, malah akan makin mantap," kata dia.

Wagub Sumbar, Nasrul Abit mengutarakan hal yang sama. Menurutnya sebelum ditunjuk sebagai Ketua DPD Gerindra oleh Ketua Umum Prabowo Subianto, ia sudah mengkomunikasikan hal tersebut kepada gubernur.

"Kami tetap menempatkan posisi sebagai wagub yang punya tanggung jawab utama, dan memisahkan kegiatan politik dengan kegiatan pemerintahan," ujarnya.

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Irwan Prayitno-Nasrul Abit merupakan salah satu pasangan kepala daerah yang hubungannya masih harmonis, tanpa terlihat pertentangan selama satu tahun pemerintahannya.

Hal itu berbeda dari beberapa kepala daerah di provinsi itu yang hubungannya sudah retak, bahkan berlawanan secara terang-terangan di depan media massa.

Wagub Nasrul Abit ditunjuk sebagai Ketua DPD Gerindra Sumbar dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di TMII, Minggu (16/4). Nasrul dipercaya menggantikan Syuir Syam yang menjabat sejak 2011.

Sekretaris DPD Gerindra Sumbar dipercayakan pada Desrio Putra dan Bendahara Ferryanto Gani. (*)