Wagub Harapkan Puskesmas Sumbar Punya Dokter Spesialis

id Nasrul Abit, Puskesmas, Dokter Spesialis

Wagub Harapkan Puskesmas Sumbar Punya Dokter Spesialis

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengharapkan ke depan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas di daerah itu memiliki minimal seorang dokter spesialis agar pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih maksimal.

"Sekarang belum ada Puskesmas di Sumbar yang memiliki dokter spesialis, jika membutuhkan pelayanan tersebut harus pergi ke Rumah Sakit (RS)," katanya di Padang, Senin.

Ia mengatakan hal itu dalam Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Sumbar 2017 pada salah satu hotel di Padang.

Akibat hal tersebut, kata dia, pelayanan menjadi menumpuk di Rumah Sakit. Bahkan di Rumah Sakit pemerintah seperti di RSUP M Djamil Padang jumlah pasien kadang-kadang membludak karena datang dari berbagai daerah sehingga pihak RS kadangkala menjadi kerepotan.

"Apabila Puskesmas memiliki satu dokter spesialis, maka penumpukan di RS bisa dikurangi dan pelayanan kepada pasien bisa lebih cepat," kata dia.

Ia meminta Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday untuk merancang agar harapan tersebut bisa terwujud kedepannya.

"Komunikasikan hal ini dengan dokter spesialis agar mau ditempatkan di Puskesmas. Mungkin perlu disiapkan fasilitas tertentu seperti transportasi maupun tempat tinggalnya," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesday mengatakan, pihaknya akan mengkomunikasikan hal tersebut dengan dokter spesialis yang ada di Sumbar.

Namun, menurut dia, agar bisa terlaksana fasilitas Puskesmas tentu harus ditingkatkan karena saat ini belum semua Puskesmas yang memiliki fasilitas memadai.

Meski demikian, secara umum menurutnya kondisi kesehatan masyarakat Sumbar saat ini cukup baik. Terlihat dari menurunnya angka kematian ibu dan angka pemberian imunisasi pada sejumlah daerah rata-rata 80 persen. (*)