Pergantian Pengurus DPD Gerindra Sumbar Didukung Kader

id Desrio Putra

Pergantian Pengurus DPD Gerindra Sumbar Didukung Kader

Sekretaris Gerindra Sumbar, Desrio Putra. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Sekretaris DPD Gerindra Sumatera Barat yang baru ditunjuk, Desrio Putra mengklaim pergantian pengurus partai tersebut didukung oleh semua kader di daerah itu, termasuk mantan Ketua DPD Syuir Syam.

"Ketua DPD Gerindra Sumbar yang baru ditunjuk, Nasrul Abit adalah kader dan sejak lama telah dilirik oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Penunjukannya didukung semua kader di Sumbar," katanya di Padang, Senin.

Ia menjelaskan sebelum ditunjuk sebagai Ketua DPD Gerindra Sumbar, Nasrul Abit harus melewati proses seleksi pada Badan Seleksi Organisasi (BSO) DPP Gerindra dan dinyatakan memiliki kapasitas untuk memimpin partai.

Sementara itu Ketua DPD Gerindra Sumbar yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur, Nasrul Abit mengatakan ia akan segera melakukan konsolidasi hingga tingkat Pengurus Anak Cabang (PAC).

"Bersamaan nanti akan ada tim dari DPP yang turun untuk evaluasi. Pengurus yang tidak aktif kemungkinan akan diganti," ujar dia.

Selain itu, menurutnya pengurus yang baru ditunjuk mendapatkan tugas dari DPP untuk memastikan seluruh kader mendukung program kepala daerah yang diusung partai pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) lalu.

"Instruksinya jelas. Mendukung, tidak boleh mengintervensi," kata dia.

DPD Gerindra Sumbar, menurutnya juga mendapatkan tugas untuk memenangkan calon presiden yang didukung partai itu pada 2019.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dilantik menjadi Ketua DPD Gerindra Sumbar dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di TMII, Minggu (16/4). Nasrul dipercaya menggantikan Syuir Syam yang menjabat sejak 2011.

Sekretaris DPD Gerindra Sumbar dipercayakan pada Desrio Putra dan Bendahara Ferryanto Gani. (*)