Pemkot Padang Perkuat Promosi KWT Gunung Padang

id Mahyeldi Ansharullah

Pemkot Padang Perkuat Promosi KWT Gunung Padang

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, memperkuat promosi Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang melalui berbagai kegiatan, festival dan pengenalan pada sejumlah pertemuan.

"KWT Gunung Padang diharapkan menjadi andalan wisata kota, perlu upaya keras mengenalkannya pada dunia," kata Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan, KWT Padang yang terdiri atas kawasan pantai, muara dan perbukitan memiliki nilai estetika yang bisa dikembangkan.

Nilai keindahan ini kata dia yang dimanfaatkan melalui kegiatan seperti Festival Siti Nurbaya yang baru diselenggarakan minggu lalu.

Menurut dia, terdapat dua sisi sasaran dari kegiatan tersebut pertama mengenalkan budaya Minangkabau, dan kedua adalah memperkuat pariwisata.

Khusus pariwisata ini sejumlah objek mulai dari bangunan tua, pelabuhan Muaro, Pantai Cimpago, Pantai Muaro Lasak, Jembatan Siti Nurbaya, Pantai Air Manis dan Bukit Gunung Padang ikut menjadi objek dalam festival tersebut.

Selain Festival Siti Nurbaya beberapa kegiatan lain seperti Dayung Palinggam, Festival Kuliner, juga akan diselenggarakan di KWT Gunung Padang.

"Disamping itu setiap ada tamu juga akan direkomendasikan mengunjungi kawasan tersebut," ujar dia.

Promosi ini juga kata wali kota dibarengi dengan investasi dan melengkapi sarana prasarana wisata seperti tempat ibadah, wahana permainan, dan tempat penginapan.

Sementara itu pengamat bidang ekonomi pembangunan dari Universitas Andalas Prof Werry Darta Taifur mengatakan peningkatan ekonomi masyarakat perlu menjadi perhatian pemerintah dalam pengembangan wisata.

Seperti kota Padang katanya, dalam hal penataan dan estetika sudah baik tinggal menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan dalam peningkatan kesejahteraan.

Dalam hal ini, ujar dia, penyiapan sarana prasarana harus didukung lebih oleh pemerintah. (*)