Kopertis : Kesempatan PTS Raih Mahasiswa Bergantung Akreditasi

id Kopertis

Kopertis  : Kesempatan PTS Raih Mahasiswa Bergantung Akreditasi

Koordinator Kopertis X Prof Herri (Kanan) dan Sekretaris Pelaksana Kopertis X Dr Hanafi Sedang Menyampaikan materi tentang Kualitas Kampus Swasta Kepada Sejumlah Jurnalis di Gedung Kopertis X Padang, Selasa (21/3). (ANTARA SUMBAR/ M R Denya Utama)

Padang, (Antara Sumbar) - Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau, Prof Herri mengatakan kesempatan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) meraih mahasiswa bergantung pada akreditasi institusi yang diperolehnya.

"Persaingan meraih mahasiswa di PTS ketat, institusi dengan akreditasi A atau B cenderung memiliki banyak mahasiswa," katanya, di Padang, Senin.

Dia mencontohkan di Sumbar, beberapa PTS favorit seperti Universitas Bung Hatta, Universitas Muhammadiyah, Universitas Putra Indonesia atau Universitas Baiturrahmah yang memiliki akreditas B ke atas setiap tahunnya memiliki jumlah mahasiswa yang banyak.

Kemudian di Riau seperti Universitas Lancang Kuning juga memiliki jumlah mahasiswa yang banyak dan berkualitas.

Hal ini wajar, kata dia sebab akreditasi tinggi mencerminkan pada baiknya sarana, akademis dan pengajar yang berkualitas.

Khususnya peranan tri dharma perguruan tinggi dosennya baik dalam sistem mengajar, penelitian yang berujung jurnal terindeks, dan pengabdian masyarakat yang tepat sasaran.

"Tujuan PTS sebenarnya bukan untuk bersaing namun untuk memeratakan masyarakat dalam mengenyam perguruan tinggi," tambahnya.

Untuk itu, dia berharap kepada pengelola PTS di wilayahnya bisa memperhatikan hal tersebut terutama dalam melakukan akreditasi ulang bagi yang telah kedaluwarsa dan memperkuat akreditasi bagi yang masih rendah.

Terlebih tahun ini sistem penyiapan akreditasi akan lebih mudah dengan Sistem Akreditas Pendidikan Tinggi Online (SAPTO) dalam jaringan.

"Tentu ini akan memberikan kesempatan PTS fokus mengejar capaiannya tanpa perlu membawa dokumen langsung ke Kemenristekdikti," ujarnya.

Sementara itu Ketua Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) Kemenristekdikti T Basaruddin mengatakan PTS dan PTN sama-sama memiliki kesempatan menjadi berkualitas bergantung capaian akreditasinya.

Bagi kampus swasta, kata dia harus bekerja keras karena persaingannya cukup ketat, peningkatan infrastruktur dan pengajar perlu jadi tolok ukur.

Selain sumber daya kampus lainnya untuk bahan akreditasi yang lebih tinggi.