Rabu, 28 Juni 2017 - 4 Syawwal 1438 H

KPKNL Bukittinggi Kenalkan Lelang Lewat "Lelang Expo"

Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias saat membuka acara "Lelang Expo" yang digelar di pelataran objek wisata Jam Gadang, Minggu(16/4). Kegiatan itu digelar untuk mengenalkan lelang pada masyarakat setempat. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)
Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Lelang Expo di pelataran objek wisata Jam Gadang untuk mengenalkan lelang kepada masyarakat.

"Lelang ini diikuti oleh delapan perusahaan perbankan dan bertujuan mendekatkan KPKNL dengan masyarakat pengguna jasa Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)," kata Kepala KPKNL Bukittinggi, Syukriah di Bukittinggi, Minggu.

Direktur Lelang Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (DJKN RSK), Lukman Efendi mengatakan kegiatan lelang tersebut pertama kali dilaksanakan di Indonesia untuk mengenalkan lelang secara umum.

Ia menerangkan ada tiga pihak yang disasar dari Lelang Expo yaitu pemohon lelang seperti perbankan, pajak dan BUMN, pihak yang berkepentingan terhadap lelang seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN), kepolisian dan kejaksanaan dan pihak pembeli lelang yakni masyarakat.

"Bila lelang dikembangkan, penjualnya banyak, pelayanan didorong agar semakin baik, namun bila pembeli minim, ini artinya belum bagus. Jadi pembelilah yang kami harapkan lebih mengenal lelang," katanya.

Menurutnya selama ini lelang hanya dikenalkan pada pihak yang berkepentingan saja seperti perbankan dan pihak yang mengajukan permohonan .

"Bagi masyarakat kami tawarkan alternatif jual-beli sehingga semakin mudah mendapatkan aset yang dibutuhkan baik barang bergerak atau yang tidak bergerak," ujarnya.

Ia menilai Lelang Expo menjadi suatu terobosan yang dilakukan karena selama ini sifatnya hanya menunggu.

"Intinya kami ingin lelang berkontribusi dalam perekonomian agar terus bergerak salah satunya dengan mengenalkannya pada masyarakat," katanya.
9
Wali Kota setempat, M Ramlan Nurmatias mengatakan Lelang Expo diharapkan dapat lebih mengenalkan KPKNL bagi masyarakat setempat.

"Selama ini KPKNL belum dikenal secara luas, mungkin cenderung lebih dikenal di lingkungan pemerintah. Di samping mengenalkan lelang secara lebih luas, masyarakat juga tahu mengenai keberadaan kantor ini," ujarnya. (*)





Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : ikhwan Wahyudi
Padang (Antara Sumbar ) - Memasuki usia 65 tahun  Gazali menjadi  satu-satunya pria penghuni komplek perumahan karyawan ...
Baca Juga