Ribuan Wisatawan Hadir Selama Festival Langkisau

id Pantai Carocok

Ribuan Wisatawan Hadir Selama Festival Langkisau

Pantai Carocok di Painan, Pesisir Selatan. ( )

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan ribuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara berkunjung ke daerah itu selama penyelenggaraan Festival Langkisau.

"Target kami 30 ribu wisatawan berkunjung selama festival," kata kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Zefnihan di Painan, Minggu.

Ia menambahkan target tersebut tidaklah muluk-muluk namun diperkirakan berdasarkan jumlah kegiatan yang dilaksanakan selama festival dan ia yakin akan tercapai.

"Kemarin lebih dari seratus unit mobil offroad menjajal Kawasan Mandeh hingga ke Carocok, setelah itu perlombaan voli pantai yang diikuti sepuluh provinsi," ujarnya.

Ia mengemukakan dengan kegiatan pawai budaya, pemilihan uda-uni, bazar, pameran, komunitas trabas dan lainnya, jumlah kunjungan itu akan tercapai.

Ia berharap dengan kunjungan ribuan wisatawan beberapa destinasi wisata unggulan semakin dikenal sehingga berdampak positif terhadap kunjungan wisatawan pada kemudian hari.

"Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan tentu sejalan dengan laju perekonomian masyarakat yang terjun langsung pada dunia kepariwisataan," katanya.

Festival Langkisau, menurutnya merupakan kegiatan yang terintegrasi tidak hanya di kabupaten namun juga provinsi hingga Kementerian Pariwisata.

Zefnihan menambahkan selain ajang mempromosikan objek wisata Festival Langkisau juga sebagai ajang menyemarakkan hari jadi kabupaten itu yang ke-69.

Festival itu dilaksanakan selama sepekan dan dipusatkan di Pantai Carocok sebagai salah satu objek wisata andalan Pesisir Selatan. (*)