Pelaksanaan UNBK di Sijunjung Terkendala Jaringan Internet

id UNBK

Pelaksanaan UNBK di Sijunjung Terkendala Jaringan Internet

Seorang siswa mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Antara)

Sijunjung, (Antara Sumbar) - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer 2017 di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, terkendala ketersediaan sebaran jaringan internet yang belum merata di daerah itu.

"Akibatnya masih ada 320 peserta UNBK tingkat SLTA sederajat yang terpaksa harus mengikuti ujian secara manual menggunakan kertas lembaran jawaban di sekolahnya masing-masing," kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sijunjung, Syafrudin, di Sijunjung, Jumat.

Menurutnya, jumlah sekolah yang memiliki kesiapan sarana prasarana dalam melaksanakan UNBK hanya tiga lokasi, yakni SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, dan SMA Negeri 11 Kabupaten Sijunjung.

Ketiganya, lanjut dia, terpaksa menampung sebanyak 1.215 orang peserta yang berasal dari sekolah tersebut serta beberapa sekolah lainnya yang berada dekat dengan lokasi ujian.

Terkait pelaksanaan ujian secara umum di daerah itu, ia mengatakan seluruhnya berjalan lancar dibawah pengawalan ketat petugas kepolisian serta guru pengawas guna mencegah terjadinya kecurangan.

"Kekhawatiran adanya pemadaman listrik serta kendala lainnya tidak terjadi, meskipun ada beberapa kendala kecil namun seluruhnya bisa diatasi dan proses ujian berjalan lancar dan aman," kata dia.

Menyikapi kondisi tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meminta masyarakat di provinsi itu untuk memaklumi kendala yang ditemukan pada pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), karena tahun ini merupakan tahun penyesuaian atas pengalihan kewenangan SMA/SMK sederajat ke provinsi.

"Pelaksanaan UNBK memang ada beberapa kendala tetapi masih bisa diatasi," kata Nasrul Abit.

Sebelumnya, sebanyak 32 persen atau 160 sekolah dari 497 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di Provinsi Sumatera Barat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari 10 hingga 13 April 2017.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman Bur di Padang, Senin, menyebutkan dari 160 sekolah yang mengikuti UNBK itu, sebanyak 87 sekolah menjadi penyelenggara UNBK secara mandiri, dan 73 sekolah bergabung ke sekolah lain, agar dapat ujian dengan sistem UNBK.

"Sedangkan pelaksanaan ujian dengan menggunakan kertas diikuti sebanyak 337 sekolah dengan jumlah peserta 30.328 siswa," katanya. (*)