Sekolah Dharmasraya Gerakan Minum Jahe Merah Jaga Kesehatan

id Gerakan, Minum, Jahe, Merah

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat melaksanakan gerakan minum jahe merah untuk seluruh siswa dan guru dalam upaya menjaga kesehatan.

"Minum Jahe Merah dilaksanakan pada Sabtu minggu ke empat setiap bulannya," kata Kepala SMP 2 Pulau Punjung, Riwahono di Pulau Punjung, Kamis.

Ia mengatakan gerakan minum jahe merah merupakan kegiatan yang sudah dimulai sejak 2015 lalu di samping masuk ke dalam program adiwiyata.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kata dia gerakan minum jahe merah juga dilaksanakan dalam upaya mengenalkan obat herbal ke lingkungan sekolah.

"Sejak dini siswa dan siswi harus mulai dikenalkan dengan tumbuhan herbal yang manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan," ujarnya.

Salah satu manfaat jahe merah yang paling terkenal adalah untuk mengobati penyakit asma atau sesak nafas, menyembuhkan batuk, melancarkan pencernaan, dan membantu menghangatkan badan.

"Pembuatan jahe merah juga sangat sederhana," ujarnya.

Ia menambahkan gerakan minum jahe merah pertama dilakukan diseluruh sekolah di daerah itu. Bahkan saat ini sekolah di daerah itu mulai melakukan kebaikan yang sama.

"Tahun ini program minum jahe ini juga mulai di laksanakan di SLTP 1 Pulau Punjung," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Dharmasraya, Marius mengapresiasi terobosan yang dilakukan SLTP 2 Pulau Punjung dalam mengenalkan tumbuhan herbal ke pada siswa, melalui kegiatan gerakan minum jahe merah.

Ia berharap sekolah di daerah itu terus berinovasi dalam membuat program unggulan yang mudah diingat orang banyak dan menjadi karakter bagi sekolah itu sendiri.

"Seperti gerakan minum jahe merah yang di lakukan SLTP 2 Pulau Punjung ini," tambahnya.(*)