PLN Fokus Dukung Penerangan Progam Pembangunan Perumahan

id PLN REI Perumahan

PLN Fokus Dukung Penerangan Progam Pembangunan Perumahan

Penandatangan nota kesepahaman antara PLN dan REI (c)

Padang, (Antara Sumbar) PLN Wilayah Sumatera Barat fokus mendukung penerangan progam pembangunan perumahan yang dilaksanakan oleh persatuan perusahaan pengembang atau REI.

Hal ini terungkap pada acara Diskusi Pengembangan Investasi dan Kondisi Kelistrikan dengan tema "Anda Membangun, Kami Menerangi" baru-baru ini.

Acara yang diselenggarakan di aula PLN WSB tersebut turut mengundang Ketua DPD REI (Persatuan Perusahaan Pengembang) Provinsi Sumatera Barat beserta para anggotanya.

Acara dibuka dengan sambutan dari General Manager PLN Wilayah Sumatera Barat, Bambang Yusuf, yang menyampaikan rasa syukurnya atas berlangsungnya acara ini.

"Sudah lama kami ingin menyelenggarakan acara ini dan akhirnya terwujud juga. Semoga kegiatan ini dapat menjadi jembatan komunikasi bagi kami untuk mendengarkan harapan-harapan dari pelanggan, khususnya dari REI terkait kelistrikan di Sumbar," tutur Bambang.

Dalam kesempatan tersebut Bambang juga mengutarakan bahwa Wilayah Sumbar akan membangun beberapa pembangkit baru, pembangunan itu akan sangat berguna bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi pembangunan perumahan karena akan mengakomodir kebutuhan listrik di perumahan tersebut.

Manager Bidang Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Wilayah Sumbar, Dwi Purnomo, dalam wawancara seusai acara menuturkan rasa bahagiannya atas terselenggaranya acara ini.

PLN siap mendukung pengembangan investasi di Sumbar, khususnya pengembangan kawasan perumahan yang dinaungi oleh DPD REI Sumbar,"ujarnya.

Menurut dia, potensi perumahan yang akan dibangun oleh DPD REI tahun 2017 mencapai lebih 8000 unit rumah yang tersebar di wilayah Sumbar, untuk itu dibutuhkan koordinasi dan komunikasi yang baik antara PLN dan REI.

Dalam pertemuan itu dilakukan pula diskusi terkait peluang dan kendala yang dihadapi oleh pengembang maupun PLN.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh ketua DPD REI Sumbar, Hendra kepada PLN Wilayah Sumbar.

"Saya atas nama REI mengucapkan terima kasih kepada PLN karena telah memfasilitasi pertemuan antara anggota REI dan PLN. REI sangat mendukung program pemerintah untuk membangun perumahan sesuai dengan nawacita Presiden RI, untuk itu kami mengharapkan adanya sinergi yang kuat antara kedua belah pihak serta kepastian PLN terkait kapan jaringan listrik akan dipasang," kata Hendra.

Tampil sebagai narasumber dalam acara tersebut yaitu Deputy Manager Strategi Pemasaran PLN Wilayah Sumbar, Rory Aditya. Dalam materinya Rory menyampaikan bahwa pertumbuhan listrik di Sumbar per februari 2017 adalah sebesar 7.55 persen dan rasio elekrifikasi (RE) Sumbar saat ini adalah sebesar 85 persen.

Ini membuktikan bahwa potensi pertumbuhan listrik sangat besar dan semua akan berjalan dengan lancar bila mendapatkan dukungan dari semua pihak.

PLN sadar bahwa pembangunan rumah tidak akan sukses bila rumah tersebut tidak dialiri oleh listrik. Tanpa listrik semua kebutuhan akan tersendat. Dapat dikatakan bahwa tersedianya pasokan listrik merupakan salah satu faktor penting bagi keberlangsungan dunia usaha serta menjadi pertimbangan utama bagi investor yang akan menanamkan investasinya di Sumbar, ujar Rory.

Dalam paparannya Rory menambahkan bahwa pembangunan tol listrik 275 kV dari Kiliranjao hingga Rao membuktikan komitmen PLN yang mendukung pembangunan perumahan.

Tidak hanya unit Sumbar, PLN fokus mendukug program pembangunan perumahan oleh REI. Bila ditemukan masalah PLN siap berkoodinasi dengan pihak terkait untuk menyelesaikannya.

Semoga sinergitas antara PLN dan pelanggan dapat terus berjalan dengan baik dan semua permasalahan kelistrikan dapat diselesaikan dengan profesional sehingga pembangunan dapat berjalan sesuai rencana. Pembangunan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menyejahterakan rakyat Indonesia. (hms/rilis)