Tanah Datar Tetapkan Hari Makan Ikan 12 April

id forikan tanah datar

Tanah Datar Tetapkan Hari Makan Ikan 12 April

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi melantik pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Tanah Datar periode 2017 - 2021, di Batusangkar, Rabu (12/4). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menetapkan Hari Makan Ikan untuk daerah itu pada 12 April dalam upaya mendorong masyarakat mengonsumsi ikan.

"Kita menetapkan hari makan ikan untuk Kabupaten Tanah Datar pada 12 April dan mengajak masyarakat meningkatkan konsumsi ikan," kata Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi saat melantik pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Tanah Datar periode 2017 - 2021, di Batusangkar, Rabu.

Ia menyebutkan pemerintah daerah tengah menggencarkan sosialisasi gerakan memasyarakatkan makan ikan mengingat tingkat konsumsi ikan di daerah itu masih rendah.

"Saat ini tingkat konsumsi ikan di Tanah Datar sekitar 35 kilogram perkapita pertahun, masih rendah bila dibandingkan di Provinsi Sumbar 36,42 kilogram dan nasional 41 kilogram," katanya.

Ia mengharapkan tingkat konsumsi ikan di Tanah Datar dapat sama dengan tingkat nasional sekitar 41 kilogram perkapita pertahun pada 2021.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, Desniarti mengatakan pihaknya mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk menggalakan kegiatan masyarakat mengkonsumsi ikan.

"Dengan mengonsumsi ikan yang kaya dengan omega tiga dapat meningkatkan kecerdasan otak, serta mengandung zat-zat tertentu yang sangat diperlukan tubuh," katanya.

Ia menyebukan kandungan gizi ikan bermanfaat bagi perkembangan otak sehingga perlu dikonsumsi sejak dini di samping harganya yang lebih murah.

Untuk itu, ia mengharapkan pemerintah daerah perlu melakukan sosialisasi mendorong masyarakat dapat mengonsumsi ikan dan produk olahan ikan lainnya agar kebutuhan gizi sehari-hari terpenuhi.

Ketua Forikan Tanah Datar, Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi mengatakan dengan telah dicanangkannya satu hari makan ikan pada 12 April maka diharapkan masyarakat dapat menyajikan menu ikan.

"Kita mengajak masyarakat daerah itu untuk meningkatkan mengonsumsi ikan karena kandungan gizinya tinggi dan murah," katanya.

Ia menyampaikan masyarakat harus lebih banyak mengonsumsi ikan yang banyak mengandung omega tiga, karena banyak manfaatnya, selain itu ikan lebih murah, bergizi, dan enak.

Ia menyebutkan tingkat konsumsi ikan masyarakat Tanah Datar masih rendah, sehingga mengharapkan pengurus Forikan gencar menyosialisasikan dan memotivasi masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan.

Ia menyebutkan menggalakkan konsumsi ikan harus dimulai dari pengurus Forikan, keluarga, dan mengajak masyarakat serta kelompok masyarakat lainnya.

Pengurus Forikan Tanah Datar yang dikukuhkan tersebut adalah Ketua Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi, Wakil Ketua Ny. Retri Zuldafri Darma, Ketua Harian Ny. Yesrita Hardiman, Wakil Ketua Harian Ny. Umi Yulfiardi, Sekretaris Hilmi, Wakil Sekretaris Cipta Prasad, dan Bendahara Eva Yuliza. (*)