Ketua IMF Minta Investasi Lebih Besar di Riset dan Pengembangan

id Christine Lagarde

Ketua IMF Minta Investasi Lebih Besar di Riset dan Pengembangan

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde. (Antara)

Berlin, (Antara Sumbar) - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde pada Selasa (11/4), menyerukan lebih banyak investasi dari negara-negara industri dalam riset dan pengembangan untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

Selama kuliah terbuka bertema "Inovasi, Teknologi dan Pertumbuhan" untuk ESMT Berlin, sebuah sekolah bisnis Eropa, Lagarde mengatakan, negara-negara industri harus lebih mementingkan riset dan pengembangan (R&D) dalam upaya mempertahankan daya saing, mengingat bahwa revolusi digital telah maju.

"Anda harus berinvestasi di masa depan," ketua IMF mengatakan mengutip hasil penelitian. "Jika negara-negara industri meningkatkan investasi di R&D sebesar 40 persen, PDB mereka akan tumbuh sebesar 5,0 persen dalam waktu dekat."

Lagarde juga menyarankan semua negara beradaptasi dengan perubahan teknologi dan memanfaatkan mereka untuk merangsang pertumbuhan ekonomi.

Lagarde bertemu Kanselir Jerman Angela Merkel pada Senin (10/4), bersama dengan pemimpin Bank Dunia, Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) dan Organisasi Buruh Internasional (ILO), membahas isu-isu tentang ekonomi dan keuangan global.

Pada konferensi pers setelah pertemuan itu, Lagarde mendesak kerja sama yang lebih internasional dalam melindungi perdagangan bebas, mengatakan perdagangan adalah motor penting bagi pertumbuhan ekonomi sementara itu akan membantu meningkatkan produksi dan mengatasi pembangunan yang timpang dan tidak setara. (*)