Sabtu, 24 Juni 2017 - 30 Ramadhan 1438 H

Bulog Siap Pasok Komoditas Bagi Peretail Modern

Benhur Ngkaimi. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Barat siap menjadi pemasok komoditas pangan bagi peretail modern untuk dijual kembali dengan harga yang ditetapkan pemerintah.

"Kami siap memasok gula, minyak goreng, daging kerbau beku dan beras karena sebagian kebutuhan itu sudah ada stok di gudang Bulog dengan jumlah mencukupi," kata Kepala Bulog Sumbar Benhur Ngkaimi di Padang, Rabu.

Menurutnya khusus untuk daging beku impor, Bulog Sumbar memang tidak memiliki stok saat ini, namun jika memang dibutuhkan pihaknya siap untuk menjadi penyuplai.

"Infrastruktur Bulog Sumbar untuk membantu menyediakan kebutuhan daging beku sudah mencukupi dan sesuai standar. Asal dibutuhkan, Bulog siap membantu menyediakan kebutuhan itu," kata dia.

Ia menjelaskan Kementerian Perdagangan memang telah melaksanakan kebijakan menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk beberapa komoditas pada retail modern diantaranya gula paling tinggi Rp12.500 per kilogram, minyak goreng kemasan sederhana Rp11.000 per kilogram dan daging kerbau impor beku Rp80.000 per kilogram.

Sementara untuk komoditas beras medium, menurutnya, ada kemungkinan juga akan diberlakukan dengan harga Rp8.000 per kilogram.

Kebijakan itu menurutnya mulai efektif berlaku sejak Senin (10/4), katanya.

"Kita sudah pasok untuk sebagian retail modern di Padang," kata Benhur.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan menetapkan HET beberapa komoditas untuk retail modern, merupakan upaya untuk menekan harga di pasar menjelang Ramadhan dan lebaran.

Ia menilai toko retail modern merupakan salah satu penentu harga sehingga perlu untuk dikendalikan. (*)




Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
          Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy baru saja menetapkan sistem pendidikan baru ...
Baca Juga