Pengurus Himpaudi Dharmasraya Agar Jalankan Amanah

id #Himpaudi #Dharmasraya

Pulau Punjung (antarasumbar) - Pengurus Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Dharmasraya, agar menjalankan amanah yang diberikan dalam pendidikan anak usia dini di daerah itu.

Hal itu disampaikan Ketua Himpaudi Sumbar Ny Nevi Irwan Prayitno pada pelantikan Pengurus Himpaudi Dharmasraya, Selasa (11/4) di Auditorium Kantor Bupati, Selasa.

Hadir dalam pelantikan, Plt Sekda Dharmasraya Leli Arni, Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat, para guru PAUD dan TK serta beberapa pengurus PKK hadir dalam pelantikan tadi.

Ketua Himpaudi Provinsi Sumatera Barat Nevi Zuairini Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan PAUD merupakan pendidikan mendasar yang menjadi penentu kesuksesan dijenjang pendidikan selanjutnya.

"Program PAUD sudah menjadi komitmen nasional hingga internasional, 80 persen anak harus sudah mendapatkan pendidikan, minimal satu jorong satu PAUD. Pemerintah berupaya keras mewujudkan gerakan Paudisasi,"jelasnya.

Kemudian pendidik PAUD harus memiliki konsep anakmu adalah anakku, sehingga anak PAUD dapat diperhatikan seperti anak kandung sendiri, tidak dibeda-bedakan.

"Kita berkomitmen satu jorong satu PAUD dan Alhamdulillah sudah terwujud, pemerintah berupaya keras mewujudkan komitmen tersebut, oleh karena itu penting bagi kita menjamin mutu setiap guru PAUD dimanapun berada," tegasnya.

Ia menyadari bahwa kesejahteraan guru PAUD belum begitu layak namun tetap penuh semangat dan dedikasi dalam menjalankan tugas mulia mendidik anak usia dini.

"Perjuangkan kesejahteraan dan kualitas pendidik PAUD, saya menyambut gembira semoga dapat mengemban amanah yang di berikan. Semoga dedikasi dan kerja keras para pengurus serta pendidik PAUD menjadi hasil yang baik, karena kita berpacu dengan waktu, tegasnya.

Ketua Himpaudi Dharmasraya Ny Dewi Sutan Riska dalam sambutannya mengatakan sebagai pengurus daerah Himpaudi, yang di jabatan ini merupakan dan tanggung jawab yang harus dijalankan dan pengurus akan memberikan yang terbaik.

"Insya Allah kita akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, Alhamdulillah meski masih kecil, kita sudah berusahnya untuk menaikkan gaji para guru PAUD ini,"ujarnya.

Kata Ketua PKK Dharmasraya ini, dengan dilantiknya pengurus baru ini, ia meyakini dengan kemampuan dan basic dari para pengurus Himpaudi akan mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya.

"Kita akan menyinergikan program Himpaudi pusat, provinsi ke kabupaten. Kajian-kajian dan persoalan yang ada, menjadi dasar bagi kami pengurus baru dalam membuat program lima tahun kedepan,"tegasnya.

Ny Sutan Riska juga menjelaskan, sebagai pengurus Himpaudi yang masih berusia muda, Himpaudi Dharmasraya akan meminta arahan dan dukungan serta bimbingan yang kontineu dari pengurus Himpaudi Provinsi Sumatera Barat sehingga program yang akan pengurus lakukan dapat singkron dengan program wilayah.

"Kami dalam kesempatan ini mengajak kepada stockholder yang ada, untuk bersama-sama membangun pendidikan anak usia dini yang merupakan langkah awal bagi generasi emas Dharmasraya dan menjadi penentu pendidikan dasar awal menuju kesuksesan pendidikan ditingkat yang lebih tinggi lagi,"tandasnya. (hms)