KKP Sarankan Buat Wisata Eksklusif Penyu

id KKP, Penyu, Wisata, Ekslusif

KKP Sarankan Buat Wisata Eksklusif Penyu

Kawasan Konservasi Penyu yang dikelola secara swadaya oleh Kelompok Laskar Pemuda Peduli lingkungan Nagari Ampiang Parak Kecamatan Sutera Pesisir Selatan Sumatera Barat (Sumbar). (Antara Sumbar / Syahrul Rahmat)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan menyarankan pemerintah daerah membuat kawasan bertelur penyu menjadi wisata eksklusif.

"Daerah-daerah tempat bertelur penyu bisa menjadi wisata eksklusif dan negara-negara tetangga pun telah mulai melakukan itu," kata Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan Andi Rusandi saat mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Konservasi Penyu Pariaman, Sumatera Barat, Selasa.

Ia mengatakan, wisata eksklusif penyu tersebut untuk wisatawan yang ingin melihat penyu bertelur dan anak penyu menetas.

Ia menjelaskan, bagi wisatawan yang ingin mengikuti wisata tersebut bisa mendaftar melalui internet dan harga untuk mengikuti wisata itu pun mahal.

Pendaftaran melalui internet bertujuan agar wisatawan dari mancanegara bisa mengikutinya dan bisa menyesuaikan jadwal serta bisa menentukan jumlah kunjungan agar tidak mengganggu penyu.

"Adanya wisata eksklusif tentu bermanfaat untuk edukasi, perekonomian masyarakat setempat, dan pendapatan pemerintah daerah," ujarnya.

Ia mengatakan, meski pengelolaan kawasan laut sekarang berada di provinsi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 namun pemerintah kabupaten dan kota juga memiliki andil.

"Jadi pemerintah provinsi bisa kerjasama dan bagi hasil dengan pemerintah kabupaten dan kota," ujarnya.

Hal tu karena apabila ada permasalahan di lokasi yang jauh dari ibu kota provinsi tentu pihak kabupaten dan kota yang terlebih dahulu menyelesaikannya.

"Jadi pemerintah provinsi dengan kabupaten dan kota bisa membicarakannya bagaimana teknisnya," ujarnya.

Ia menyebutkan, sampai saat ini ada beberapa pengelolaan laut dan konservasi penyu yang berkembang karena kerjasama antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota seperti Nusa Tenggara Barat serta Jawa Barat. (*)