Saldi Isra: Saya Siap Dikritik

id Saldi Isra

Saldi Isra: Saya Siap Dikritik

Saldi Isra.

Jakarta, (Antara Sumbar) - Hakim Konstitusi terpilih, Saldi Isra, menyatakan siap menerima kritik yang membangun terkait dengan kinerjanya sebagai bagian dari Mahkamah Konstitusi (MK).

"Saya siap dikritik, ini merupakan konsekuensi sebagai bagian dari internal di sini (MK)," ujar Saldi usai acara penyambutan di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Selasa.

Saldi dikenal sebagai akademisi dan pakar hukum yang cukup sering memberikan kritik kepada MK.

"Ya dulu saya cukup keras mengkritik MK, sekarang saya di dalamnya dan siap menerima kritik," ujar Saldi.

Lebih lanjut Saldi mengatakan bahwa dirinya memiliki beberapa masukan untuk perbaikan kinerja dan performa MK di masa depan.

"Ada beberapa pemikiran yang sudah saya tuangkan ke dalam tulisan," kata Saldi.

Saldi Isra adalah ahli hukum tata negara yang sebelumnya menjabat guru besar pada Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

Ia mendapatkan gelar Master of Public Administration dari Universitas Malaya, Malaysia, pada 2001 dan gelar doktor dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada 2009 dengan predikat cum laude.

Saldi banyak melahirkan karya-karya tulisan yang merupakan hasil pemikirannya dalam dunia tata negara dan dukungan kepada gerakan anti korupsi.

Ia juga meraih berbagai penghargaan seperti Tokoh Muda Inspiratif versi Kompas (2009), Bung Hatta Anti-Corruption Award (2004), dan Megawati Soekarnoputri Award sebagai Pahlawan Muda Bidang Pemberatansan Korupsi (2012).

Saldi Isra kemudian diputuskan oleh Presiden Joko Widodo menjadi Hakim Konstitusi melalui serangkaian proses seleksi. (*)