Bonus Porprov Pesisir Selatan Masih Ditunda

id Bonus, Proprov, Pessel

Painan, (Antara Sumbar) - Bonus atlet, pelatih hingga ofisial pada semua cabang olahraga yang berlaga di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat (Sumbar) November 2016 di Kabupaten Pesisir Selatan masih ditunda.

"Penundaan bonus tersebut karena terdapat beberapa persyaratan administrasi yang belum tuntas," kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pesisir Selatan, Welly Hendra di Painan, Selasa.

Ia menambahkan selain karena persyaratan administrasi, bonus tersebut ditunda juga karena belum ada kesepahaman antara pemerintah kabupaten dengan para penerima bonus.

"Pada satu sisi pemerintah kabupaten menginginkan bonus diserahkan langsung ke atlet sementara disisi lain beberapa pengurus cabang olahraga menginginkan bonus diberikan bersamaan," katanya.

Menurutnya hal yang lebih rumit adalah anggaran yang dihibahkan ke KONI Pesisir Selatan tidak mencukupi pembayaran semua bonus.

"Bonus keseluruhan Rp2,9 miliar sementara hibah hanya Rp2,5 miliar. Sebenarnya tidak hanya bonus, operasional KONI selama 2017 ini juga menjadi tanda tanya," kata dia.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Nasral menyebutkan kepala daerah setempat menginstruksikan agar bonus langsung ditransfer ke rekening masing-masing atlet.

"Agar bonus tersebut segera cair tentu saja KONI secepatnya menyiapkan nomor rekening masing-masing atlet, jika tidak tentu pencairan bonus masih membutuhkan waktu," kata dia.

Ia juga menyarankan agar KONI membicarakan keinginan pengurus cabang olahraga ke kepala daerah sehingga ditemukan titik terang terhadap permasalahan itu.

Kontingen Pesisir Selatan berhasil mencatatkan rekor terbaik pada Porprov 2016 dengan berhasil menggeser posisi dari peringkat 12 menjadi peringkat lima se-Sumbar dengan menyabet 48 emas, 40 perak dan 72 perunggu. (*)