Kepala Daerah Terpilih: Mari Bersatu Setelah Pilkada

id pilkada, payakumbuh

Kepala Daerah Terpilih: Mari Bersatu Setelah Pilkada

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) terpilih Riza Falepi-Erwin Yunaz foto bersama dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat. Pasangan tersebut mengajak masyarakat setempat bersatu untuk membangun daerah setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2017. (Antara/Mardikola T Rahmat)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar) terpilih Riza Falepi-Erwin Yunaz mengajak semua masyarakat setempat bersatu untuk membangun daerah setelah pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2017.

Riza saat dihubungi di Payakumbuh, Selasa, mengatakan menang dan kalah dalam sebuah kompetisi adalah suatu hal yang biasa, temasuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota. Untuk itu, yang lalu biarlah berlalu.

"Mari kita satukan hati untuk membangun Payakumbuh bersama-sama," ujar dia.

Ia menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak dan seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi agar pesta demokrasi berjalan aman, tertib dan lancar hingga penetapan kepala daerah terpilih.

Kemudian terkait dukungan berupa perolehan suara pada Pilkada Payakumbuh 2017 lalu, ia menilai bahwa itu adalah bekal untuk semangat dan menjadi senjata dalam membangun Payakumbuh ke depan.

"Ini adalah amanah yang harus dituntaskan sebaik-baiknya. Banyak harapan yang ditompangkan kepada seorang kepala daerah. Rakyat menunggu apa yang akan dibuat," kata dia.

Ketua DPRD Payakumbuh, Yendri Bodra mengatakan pihaknya kemarin sudah melaksanakan sidang paripurna istimewa pengumunkan penetapan pasangan calon terpilih pada pilkada 2017 dan akhir masa jabatan wali kota serta wakil wali kota periode 2012-2017.

Ia menambahkan sidang paripurna istimewa tersebut merupakan implikasi dari Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri RI Nomor SE. 120/2033/OTDA tanggal 22 Maret 2017 yang ditujukan kepada Gubernur Sumbar, bupati dan wali kota se provinsi itu serta ditembuskan kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar maupun kabupaten dan kota serta pimpinan DPRD setempat.

Menindaklanjuti surat edaran tersebut DPRD Payakumbuh menggelar rapat paripurna istimewa mengumumkan hasil penetapan kepala daerah terpilih oleh KPU Payakumbuh sebelum disampaikan ke mendagri melalui Gubernur Sumbar.

"Hari ini berita acara dan risalah sidang dibawa ke gubernur. Sesuai dengan Surat Edaran, kami diberi waktu lima hari kerja sejak penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU," kata politisi Partai Golkar itu.

Sebelumnya, keputusan KPU Payakumbuh Nomor 18/Kpts/KPU-Kota-003.435146/2017 menetapkan Riza Falepi dan Erwin Yunaz sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih dalam pilkada 2017.

Dari total 57.178 suara yang sah, pasangan Riza dan Erwin meraih 24.946 suara atau 43,62 persen. Sedangkan pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi mendapatkan 11.058 suara atau 19,33 persen dan pasangan Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri memperoleh 21.174 suara dengan persentase 37,03 persen.

Pilkada Payakumbuh diikuti oleh tiga pasangan calon, yaitu Wendra Yunaldi-Ennaidi (jalur perseorangan), Riza Falepi-Erwin Yunaz serta Suwandel Muchtar-Fitrial Bachri (dari jalur partai politik). (*)