Pemkab Pasaman Galakkan Program GenRe

id Yusuf Lubis

Pemkab Pasaman Galakkan Program GenRe

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, terus menggalakkan program Generasi Berencana (GenRe) untuk meningkatkan pembangunan berwawasan kependudukan terutama bagi generasi muda.

"Kita menyadari bahwa persoalan kependudukan ini merupakan masalah serius. Semua itu butuh penanganan dan persiapan yang matang," ujar Bupati Pasaman Yusuf Lubis di Lubuk Sikaping, Selasa.

Menurutnya, salah satu upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah setempat yakni dengan membentuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khusus yang menangani kependudukan ini yaitu Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB).

"Generasi muda merupakan aset yang sangat baik bagi suatu bangsa. Itu semua menjadi harapan kita. Jika generasi muda kita telah memiliki kecerdasan spritual, intelektual dan emosional yang baik maka bangsa itu juga akan kuat," katanya.

Ia mengatakan kualitas dari penduduk itu lebih menentukan dibandingkan kuantitasnya. Jika pertumbuhan penduduknya sudah tidak terkendali maka akan rentan meningkatkan kriminalitas, kesenjangan sosial, serta dapat merusak tatanan adat dan agama.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Yusnimar mengatakan untuk menggalakkan program GenRe ini maka digelar kegiatan Workshop GenRe ini diikuti oleh guru Pesantren Ramadhan yang ada di daerah itu.

"Kita berharap materi yang disampaikan nanti dapat memberikan manfaat yang besar dalal membantu upaya kita dalam mewujudkan remaja yang tangguh dan berkualitas. Hal tersebut sesuai dengan Visi dan Misi pemerintah daerah yakni mewujudkan masyarakat yang agamis, sejahtera dan berbudaya," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan pesantren Ramadhan merupakan salah satu wadah yang sangat tepat untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan.

"Poin penting bagi Generasi Berencana (GenRe) yakni tidak melakukan seks bebas, tidak menikah muda dan tidak menggunakan narkoba," ujarnya.

Menurutnya, program GenRe merupakan program untuk mencari solusi dari masalah remaja terutama menyangkut kesehatan reproduksinya.

"Ada beberapa permasalahan yang dialami oleh remaja seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS. Dengan program GenRe inilah salah satu solusinya dengan cara mengadakan kegiatan konseling," ujarnya. (*)