Wabup Pasaman Pantau Pelaksanaan UNPK

id Ujian, Nasional, Pasaman

Wabup Pasaman Pantau Pelaksanaan UNPK

Siswa SMAN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat serius mengikuti UNBK pada hari pertama, Senin (10/4). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Wakil Bupati Pasaman, Sumatera Barat, Atos Pratama memantau pelaksanaan Ujian Nasional Pensil dan Kertas (UNPK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Lubuk Sikaping.

"Kita meninjau langsung pelaksanaan ujian nasional ini. Apakah prosesnya berjalan lancar atau tidak. Kita perhatikan semua peserta ujian dapat mengikuti dengan nyaman dan tanpa tekanan," ujarnya di Lubuk Basung, Senin.

Ia meminta kepada seluruh pengawas untuk mengawas peserta ujian dengan baik agar tidak ada kecurangan dalam menjawab soal ujian.

"Jika ditemukan kecurangan maka silahkan ditindak sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ini bertujuan untuk mendidik para peserta didik untuk lebih bertanggungjawab dan jujur pada diri sendiri," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala SMA 2 Lubuk Sikaping Gusti Mawarti mengatakan jumlah peserta UNPK yang ada di sekolah tersebut yakni sebanyak 172 peserta yang terdiri dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

"UNPK ini akan berlangsung serentak selama empat hari mulai 10-13 April 2017," ujarnya.

Mata pelajaran yang akan diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan.

Menurutnya, pelaksanaan UNPK tersebut tidak ada kendala seperti pendistribusian naskah soal ujian sudah diterima dengan baik.

"Kita juga telah menyampaikan seluruh aturan mengenai UNKP ini, baik kepada pengawas maupun kepada seluruh peserta ujian," katanya. (*)