Pariaman Serahkan Bonus Atlet Porprov Rp1,7 Miliar

id Mukhlis Rahman

Pariaman Serahkan Bonus Atlet Porprov Rp1,7 Miliar

Wako Pariaman, Mukhlis Rahman. (Antara)

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat, menyerahkan bonus sebesar Rp1,7 miliar kepada atlet peraih mendali Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV yang diselenggarakan di Kota Padang pada November 2016.

"Atlet kita telah menunjukkan prestasinya pada Porprov dan kita patut menghargai itu," kata Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman saat penyerahaan bonus atlet Porprov XIV di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan meski prestasi yang diperoleh oleh atlet kota itu pada Porprov XIV hanya di 19 cabang dari 26 cabang olahraga yang diikuti, namun pihaknya mensyukuri itu.

Rasa syukur karena atlet yang ikut serta pada pekan olahraga tersebut merupakan putra dan putri asli kota itu.

"Dengan atlet asli Pariaman maka kita juga bisa mengukur kemampuan kita untuk pekan olahraga berikutnya," katanya.

Ia menyatakan pihaknya akan terus mengembangkan kemampuan atlet kota itu serta membangun sarana olahraga agar atlet dapat berlatih lebih giat lagi.

"Kita bersama-sama akan meningkatkan sarana dan prasarana untuk memajukan olahraga di Pariaman," ujarnya.

Dengan membangun sarana dan prasarana olahraga maka tidak saja akan meningkatkan kemampuan atlet namun juga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke kota itu.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi mengatakan bonus yang diserahkan tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang diserahkan melalui rekening bank milik atlet, pelatih, dan cabang olahraga yang memperoleh mendali.

Ia menyebutkan medali yang diperoleh atlet kota itu pada Porprov XIV sebanyak 105 keping yang terdiri dari 11 emas, 37 perak, dan 57 perunggu.

Jumlah perolehan mendali tersebut berkurang dari Porprov XIII di Dharmasraya, namun peringkat kita meningkat dari 12 ke 11, kata dia.

Untuk meningkatkan kemampuan atlet, pihaknya memberikan bonus berupa dana pembinaan kepada delapan cabang olahraga yang memperoleh medali emas, ujar dia.

"Selain itu kami juga akan membina seluruh atlet cabang olahraga," katanya.

Ia berharap dengan pembinaan tersebut maka pada Porprov XV di Kabupaten Padangpariaman prestasi atlet di kota itu akan meningkat.

Sementara itu, pelatih cabang olahraga Wushu di kota itu, Rahmat mengatakan akan menggunakan bonus dana pembinaan sebesar Rp25 juta yang diberikan Pemkot untuk meningkat kemampuan atlet.

Ia pun berharap kepada seluruh atlet lebih giat berlatih sehingga dapat meningkatkan prestasi pada pekan olahraga berikutnya. (*)