Distribusi Soal UN SMA pada 8 April 2017

id Ujian Nasional, Distribusi, Naskah, Ujian

Distribusi Soal UN SMA pada 8 April 2017

(ANTARA SUMBAR/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Burhasman Bur mengatakan pendistribusian naskah soal Ujian Nasional (UN) berbasis kertas untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) akan mulai pada 8 April 2017.

Ia di Padang, Jumat, mengatakan pendistribusian dilakukan keseluruh kabupaten dan kota yang berada di provinsi tersebut kecuali Kepulauan Mentawai, dengan pengawalan oleh pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya kebocoran.

"Khusus Kabupaten Kepulauan Mentawai telah didistribusikan terlebih dahulu pada hari Selasa (4/4), hal itu dikarenakan untuk mencapai daerah tersebut harus menggunakan transportasi laut," ujarnya.

Setelah sampai di daerah pelaksana UN, tambahnya maka soal tersebut akan diamankan di masing-masing Kepolisian Sektor (Polsek) setempat, dan akan dibagikan kepada masing-masing sekolah ketika hari H pelaksanaan ujian.

"Pihak sekolah dapat menjemput naskah soal UN pada pagi hari, sebelum pelaksanaan ujian dimulai, sesuai dengan mata pelajaran yang diujikan pada hari itu" ujar dia.

Ia berharap pendistribusian soal UN SMA dapat berjalan lancar hingga sampai ke tujuan tanpa ada kendala apapun.

Berdasarkan data Disdik Sumbar, jumlah peserta di daerah itu untuk tingkat SMK 22.822 peserta dengan rincian 18.974 peserta UNBK dan 3.844 peserta UNKP, sedangkan untuk SMA/MA sebanyak 53.054 peserta UN baik UNBK maupun UNKP, dan SMP/MTS 85.500 peserta.

Pelaksanaan UN untuk tingkat SMK telah selesai dilaksanakan pada 3 hingga 6 April 2017, sedangkan untuk tingkat SMA akan dimulai pada tanggal 10 hingga 13 April 2017.

Sementara, untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkap Pertama (SLTP), gelombang pertama pada 2, 3, 4 dan 15 Mei, sementara gelombang dua 8, 9, 10 dan 16 Mei 2017. (*)