Sesko TNI Gandeng Unand Kembangkan Pendidikan

id unand

Sesko TNI Gandeng Unand Kembangkan Pendidikan

Gerbang kampus Unand. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI menggandeng Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat untuk mengembangkan pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Kerja sama ini penting mengingat kedua institusi memiliki tujuan yang sama menghasilkan sumber daya unggulan," kata Wakil Rektor Unand Bagian Kerja Sama Dr Endry Martius di Padang, Jumat.

Dia menyebutkan selain persamaan itu, tujuan dalam rangka menciptakan karya yang inovatif dan bermanfaat juga menjadi tolok ukur kerja sama tersebut.

Dalam hal ini, tambahnya pihaknya memiliki 15 fakultas dan puluhan program studi yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu sesuai yang diinginkan TNI.

Berbagai kegiatan, ujarnya seperti seminar tentang kebencanaan, seminar keamanan dan ketahanan nasional, seminar politik dan kebangsaan, atau penelitian dan penelaahan tentang stabilitas negara dan sebagainya.

"Intinya kami siap menjadi mitra untuk memecahkan solusi permasalahan negara," kata dia.

Sebelum ini, sebutnya Unand telah bekerja sama dengan Dewan Ketahanan Nasional terkait Ketahanan Pangan, serta Korem 032 Wirabraja terkait Kegiatan Bela Negara.

Kerja sama ini telah resmi ditandatangani dan diabadikan melalui piagam kerja sama pada Kamis (6/4).

Sementara itu Direktur Kerjasama Akademik Sesko TNI, Brigadir Jenderal TNI Didied Pramudito saat kunjungannya ke Unand Kamis (6/4) mengatakan dipilihnya Unand sebagai mitra kerja sama karena dinilai sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia.

"Unand telah memiliki akreditasi institusi A, penelitian di kampus ini telah masuk dalam klaster mandiri, hasil penelitiannya juga telah diakui secara nasional, ini amat membantu pengembangan pendidikan kami," katanya.

Dalam kerja sama nanti tidak hanya bidang militer saja, namun juga bidang lain yang terkait ketahanan, keamanan dan stabilitas negara. (*)