Pemerintah Apresiasi Uji Kelayakan Komisioner KPU-Bawaslu

id Tjahjo Kumolo

Pemerintah Apresiasi Uji Kelayakan Komisioner KPU-Bawaslu

Mendagri Tjahjo Kumolo. (Antara)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Pemerintah mengapresiasi Komisi II DPR RI yang telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon anggota KPU dan Bawaslu sebagaimana telah diamanatkan undang-undang.

"Pemerintah melalui Kemendagri mengapresiasi Komisi II yang telah melakukan proses 'fit and proper' anggota KPU dan Bawaslu. Kinerja Komisi II bekerja sampai pagi pemerintah sangat mengapresiasi," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melalui pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Tjahjo menyampaikan pemerintah akan ikut dengan keputusan Komisi II terkait dengan nama-nama anggota KPU dan Bawaslu yang terpilih dalam proses uji kepatutan dan kelayakan tersebut.

"Nama-nama yang lolos tersebut pemerintah ikut saja sebagaimana keputusan secara demokratis dan 'fair' oleh yang terhormat anggota DPR memilih keanggotaan KPU dan Bawaslu," ujar dia.

Tjahjo mengatakan secara kolektif siapapun yang terpilih akan mampu melaksanakan tugasnya dengan fungsi pengawasan DPR.

Dia menekankan KPU dan Bawaslu adalah mitra pemerintah dan mitra DPR dalam upaya mewujudkan pemilu yang demokratis serta memperkuat sistem pemerintahan presidensiil multipartai.

Sebelumnya, Komisi II DPR telah melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 14 calon komisioner KPU dan 10 calon komisioner Bawaslu. (*)