Kamis, 29 Juni 2017 - 5 Syawwal 1438 H

70 Persen SMK Se-Sumbar Selenggarakan UNBK

Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak lebih dari 70 persen dari 207 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari 3 hingga 6 April 2017.

Kepala Dinas Pendidikan setempat, Burhasman Bur di Padang, Selasa menyebutkan dari 207 SMK di daerah itu sebanyak 146 sekolah menyelenggarakan UNBK, dan 61 sekolah dengan Ujian Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Adapun dari 146 sekolah yang menyelenggarakan UNBK tersebut, terdiri dari 81 sekolah negeri dan 65 SMK swasta dengan jumlah peserta 18.978 siswa.

Sedangkan, peserta terbanyak yang menyelenggarakan UNBK terdapat di Kota Padang yakni sebanyak 11.324 siswa dari 36 SMK negeri dan swasta.

Ia berharap pelaksanaan UNBK tidak terjadi kendala apapun baik dari listrik maupun adanya gangguan jaringan, sehingga siswa dapat dengan fokus mengerjakan soal-soal ujian.

Terkait pelaksanaan UNBK Pada hari pertama, ia mengatakan tidak mendapat laporan terhadap kendala yang terjadi selama pelaksanaan ujian.

Sementara, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sumbar mengatakan pelaksanaan ujian dengan menggunakan sistem UNBK dapat meminimalkan kecurangan selama pelaksanaan ujian.

"Dengan adanya UNBK kecurangan-kecurangan yang selama ini dikhawatirkan dapat diminimalkan atau bahkan tidak terjadi," kata Ketua PGRI Sumbar Zainal Akil.

Ia mengatakan PGRI Sumbar mendukung pelaksanaan UNBK karena dapat membangun jiwa yang jujur baik bagi guru maupun peserta didik sehingga dapat menghasilkan siswa yang berkualitas.

"UNBK dapat menjadi bahan evaluasi untuk ke depan, dari hasilnya dapat dilihat, sejauh mana kemampuan peserta didik maupun guru yang berperan sebagai pendidik," ujarnya.

Apa pun yang menjadi hasilnya nanti, katanya, dapat menjadi acuan untuk perbaikan kualitas pendidikan baik di Sumbar maupun di Indonesia secara umum.

Selain itu persiapan yang matang dari pihak sekolah juga diperlukan karena pelaksanaan UNBK baru pertama kali bagi sekolah yang sebelumnya belum pernah melaksanakan. (*)



Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : ikhwan Wahyudi
Padang (Antara Sumbar ) - Memasuki usia 65 tahun  Gazali menjadi  satu-satunya pria penghuni komplek perumahan karyawan ...
Baca Juga