UNBK SMK Padang Panjang Hari Pertama Lancar

id UNBK

UNBK SMK Padang Panjang Hari Pertama Lancar

Siswa SMK 1 Kota Padang Panjang melaksanakan UNBK pada hari pertama, Senin (3/4). Hari pertama UNBK di Padang Panjang berjalan lancar. (ANTARA SUMBAR/Zulham Beni Kusuma)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, pada hari pertama berjalan lancar dengan tidak adanya kendala yang berarti terjadi selama ujian berlangsung.

"UNBK tingkat SMK hari pertama berjalan lancar," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Padang Panjang Desmon di Padang Panjang, Senin.

Ia mengatakan UNBK bagi murid SMK tersebut akan berlangsung selama empat hari 3 - 4 April 2017 dengan mata pelajar Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan mata pelajaran sesuai kejuruan.

UNBK SMK itu sendiri dilaksanakan di empat lokasi yang sudah ditetapkan dengan tiga kali tahap setiap hari.

"UNBK berlangsung di sekolah yang memiliki sarana komputer memadai seperti di SMKN 1, SMKN 2, SMK Cendana dan SLTP 2 Padang Panjang," ujarnya.

Dari sarana dan prasarana Pemkot Padang Panjang sudah menyiapkannya dengan semaksimal mungkin supaya tidak terjadi kendala selama ujian berlangsung.

"Kami sudah menyiapkan beberapa keperluan untuk UNBK mulai dari genarator untuk mengantisipasi listrik mati, komputer untuk murid menjawab soal ujian dan lain sebagainya," sebutnya.

Ia berharap pelaksanaan UNBK tahun ini bisa berjalan lancar hingga hari terakhir ujian dengan adanya dukungan dari semua pihak.

Anggota DPRD Padang Panjang Hendra Saputra mendukung pelaksanaan UNBK di daerah itu tahun ini. "UNBK itu banyak manfaatnya, selain dari efektif, juga mengantisipasi adanya kecurangan selama ujian berlansung," katanya.

UNBK SMK sendiri di Padang Panjang diikuti sekitar 700 orang dari empat sekolah kejuruan yang ada, baik itu negeri maupun swasta. (*)