Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Kapolri Resmikan Tipe A Polda Sumbar

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. (Antara)
Padang, (Antara Sumbar) - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meresmikan kenaikan tipe Polda Sumatera Barat dari tipe B ke tipe A yang digelar di Mapolda Sumbar pada Senin.

"Kenaikan status ini harus diikuti dengan perbaikan dalam memberikan pelayanan serta pengayoman kepada masyarakat," katanya di Padang, Senin, saat menjadi inspektur upacara kenaikan tipe Polda Sumbar.

Menurut dia dengan kenaikan status tersebut akan diikuti oleh peningkatan kepangkatan, sumberdaya manusia, anggaran, dan personel.

"Peningkatan itu dilakukan secara bertahap dan tentunya harus sesuai dengan kemampuan negara," kata dia.

Menurut dia kenaikan status ini tidak hanya menguntungkan bagi polisi, tapi juga bagi masyarakat Sumbar.

"Meningkatnya keamanan akan memberikan dampak yang besar bagi perekonomian Sumbar," kata dia

Ia meminta Polda segera melakukan konsolidasi internal untuk meningkatkan kinerja dalam melakukan reformasi birokrasi dan penegakan hukum agar lebih baik.

"Contohnya tidak menoleransi tindakan korupsi yang terjadi di tubuh Polri maupun yang berasal dari luar," ujarnya.

Sementara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan Polda Sumbar harus melakukan perubahan seiring dengan kenaikan status yang baru ini.

"Reformasi birokrasi harus ditumbuhkan dari dalam, tidak mungkin datang secara tiba-tiba dari luar," katanya.

Saat ini persaingan sudah antar-negara bukan lagi antar-daerah, sehingga tuntutan untuk memperbaiki tata kelola di seluruh lini.

"Kita harus melakukan inovasi dari tata cara konvensional menuju modern dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik," katanya.

Selain Kapolri dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi BirokrasiAsman Abnur, kegiatan ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, dan Forkopimda Sumbar. (*)


Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga